memberitakan secara cerdas dan berimbang

Tunjangan Perumahan Anggota DPRD Sumbar Rp7,7 Miliar per Tahun

0 121

Selama menjalankan fungsi di legislatif, 65 orang anggota DPRD Sumbar mendapatkan tunjangan perumahan. Jumlah tunjangan setiap dewan sekitar Rp10 juta per bulan.

Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis di gedung DPRD Sumbar, Rabu (18/10) mengatakan, fasilitas rumah dinas hanya didapat oleh Ketua DPRD.

Untuk tiga wakil ketua DPRD yang lain, mereka juga diberi tunjangan perumahan sebesar Rp12 juta per orang.Jika dijumlahkan, untuk 61 dewan, ditambah 3 wakil ketua, tunjangan perumahan anggota DPRD Sumbar mencapai Rp646 juta perbulan. Saat dikalikan setahun, nilainya menjadi Rp7,752 miliar.

Selain tunjangan perumahan, tiap dewan juga menerima tunjangan transportasi.

Terkait tunjangan transportasi ini, Raflis menjelaskan, ketentuan ini merujuk pada aturan baru, Perda tentang tunjangan transportasi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif anggota DPRD.

Perdanya telah ditetapkan sejak 14 september lalu. Peraturan gubernur (Pergub) perda itu juga sudah diterbitkan.

Dengan adanya aturan baru ini, sekitar 41 unit mobil dinas yang sebelumnya dimanfaatkan alat kelengkapan DPRD telah dikembalikan ke pemerintah daerah. Aturan tentang tunjangan transportasi untuk setiap dewan resmi diberlakukan terhitung 1 Oktober 2017

Sumber : harianhaluan.com

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi