memberitakan secara cerdas dan berimbang

Sesditjen Kebudayaan Kemendikbud RI Kunjungi Perkampungan Adat Sijunjung

83

Sijunjung,mediacerdas.com__ Usai pelaksanaan seminar sehari digedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Kebudayaan, Dra. Sri Hartini,Msi beserta rombongan, kunjungi perkampungan adat yang terletak di Nagari Sijunjung, Kamis (15/2/2018).

Sesuai dengan surat Dirjen Kebudayaan nomor : 76/E.E4/KB/2017 tentang Pemberitahuan Kegiatan Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat dan Revitalisasi Desa Adat tahun 2018, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, menyampaikan petunjuk tekhnis kegiatan bantuan pemerintah, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan bantuan tersebut dalam rangka pelestarian kebudayaan.

Maka Sesditjen, Sri Hartini, beserta rombongan ingin melihat langsung kondisi perkampungan adat Sijunjung lebih dekat,” ucap Kabid Kebudayaan, Disdikbud Sijunjung, Yusnidar Yelly.SPd.MM.

Kedatangan Sri Hartini ke kabupaten Sijunjung, juga dalam rangka hari Jadi Kabupaten Sijunjung yang ke 69 tahun 2018.

Rombongan yang datang ke Perkampungan Adat ini didampingi oleh pihak Disdikbud Sijunjung langsung disambut oleh Walinagari, Effendi bersama Ketua BPN, S.Peto Molieh, dan tokoh masyarakat setempat.

Disisi lain masih dalam kunjungan ini, beberapa orang staf Sri Hartini didampingi Kasi Pembinaan Sejarah Kepurbakalaan, Disdikbud Sijunjung, Adha Noorfedy.SPd.M.Kom, melihat dan mencermati kegiatan masyarakat Perkampungan Adat ini dalam kesehariannya.

“Mulai dari kegiatan Menenun, membuat “galamai”, memanen padi, sampai melihat kincir air yang terbuat dari kayu, dan juga mereka ikut dalam acara “membuka lubuok larangan” , ucap Adha Noorfedy.

Kemudian dikatakan lagi,“Yang paling penting dalam kunjungan ini adalah, untuk memberikan proposal kepada Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, sehubungan Revitalisasi Desa Adat, disini juga disampaikan fasilitasi komunitas seni, komunitas sejarah, dan fasilitasi sarana kesenian pada satuan pendidikan,” ujarnya kepada mediacerdas.com. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi