memberitakan secara cerdas dan berimbang

Puluhan Senjata Rakitan Laras Panjang Diserahkan Masyarakat Sijunjung Kepada Polres Setempat

Awalnya masyarakat Sijunjung dihimbau Kapolres AKBP.H.Imran Amir.SIK.MH, untuk menyerahkan senjata rakitan jenis "Gobok" dan "Balansa" ke aparat penegak hukum

155

Sijunjung,mediacerdas.com____  Masyarakat Sijunjung, serahkan 22 pucuk senjata rakitan laras panjang, jenis Gobok dan Balansa kepada Polres setempat Senen (15/1).

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis oleh beberapa orang tokoh masyarakat Sijunjung, kepada Kapolres AKBP.H.Imran Amir.SIK.MH, didepan awak media, disaksikan, wakapolres .Kompol. Himsar Siregar, Kabag Ops Kompol Rufinus Sihombing, kasat intelkam. Iptu,Adisman,  dan Paur Humas, Iptu. Nasrul Nurdin, juga perwira-perwira lainnya di Polres setempat, serta Kapolsek-kapolsek di Wilkum Sijunjung.

Sebelumnya,  Kapolres setempat, AKBP.H.Imran Amir menghimbau,” kepada seluruh masyarakat Sijunjung, agar bagi siapa yang memiliki senjata rakitan , laras panjang sejenis Balansa dan Gobok, dapat menyerahkannya kepada penegak hukum atau pemerintahan Nagari serta tokoh masyarakat  juga KAN, untuk selanjutnya diserahkan kepada Kepolisian Resort Sijunjung.

“Himbauan menyerahkan senjata jenis Gobok dan Balansa ini, dilakukan karena banyaknya kejadian yang terjadi, sampai menelan korban disebabkan senjata rakitan jenis gobok atau balansa ini, dipergunakan oleh pemiliknya untuk hal yang melanggar hukum, seperti baru-baru ini kejadiannya di kabupaten Dharmasraya yaitu sampai menelan korban seorang anak balita, kemudian di Tiku Mutiara, Agam, dan Lubuk Basung,” ujar Kapolres Imran.

Ke 22 pucuk senjata api rakitan jenis Gobok dan Balansa ini,  berasal  dari  masyarakat kecamatan Kamang Baru, sebanyak 6 pucuk, Tanjung Gadang 3 pucuk, Lubuk Tarok 2 pucuk, IV Nagari 1 pucuk, Koto VII 3 pucuk, Sumpur Kudus 2 pucuk,  dan yang telah disita sebelumnya oleh Polres setempat sebanyak  5 pucuk.

Disini Kapolres AKBP.H.Imran Amir,SIK,MH, kembali menghimbau melalui media, “Bagi Masyarakat yang masih atau belum menyerahkan senjata rakitan Gobok dan Balansa ini agar menyerahkannya kembali kepada penegak hukum atau Polsek terdekat, boleh juga melalui Pemerintahan Nagari dan Ninik Mamak, yang kemudian diserahkan ke Polres setempat.

Kapolres juga mengapresiasi bagi masyarakat yang telah menyerahkannya tidak akan kita proses, “ujar Kapolres.

Ditegaskan,” Kecuali bagi masyarakat yang tidak mau menyerahkan senjata tersebut, akan ada proses hukum bagi pemiliknya,”

Diingatkan Kapolres,” makanya disini kita harapkan peran media untuk menyampaikannya, karena masyarakat kita di Sijunjung ini ada yang di pelosok, oleh sebab itu peran media  sangat penting, untuk alat penyampai kepada masyarakat ,” sebut, Kapolres.

“Mulai hari ini,  melalui Polsek-Polsek, dan Bhabinmas, atau spanduk-spanduk yang akan kita pasang dinagari-nagari, “bagi masyarakat yang memiliki atau menyimpan senjata api rakitan laras panjang, sejenis gobok dan balansa, agar menyerahkannya kepada pihak yang berwajib,” himbau Kapolres.

Dihalaman Mapolres Sijunjung ini, ke 22 pucuk senjata rakitan laras panjang jenis gobok dan balansa ini, diserahkan secara simbolis, oleh tiga orang tokoh masyarakat Sijunjung, yaitu walinagari Sinyamu, Tanjung Gadang, Dai Asmadi, kemudian Ketua KAN Tanjung Bonai Aur, Zurma Fitra, Datuok Gindo Jalelo, dan Walinagari Langki, Amrizal, kepada Kapolres setempat.(Aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi