memberitakan secara cerdas dan berimbang

Puluhan Anak Ikuti Khatam Al Quran di Masjid Al-Jadid, Sijunjung.

141

Sijunjung,mediacerdas.com___ Puluhan anak ikuti khatam Al Qur’an di Masjid Al-Jadid, Jorong Kampung Baru, Nagari Sijunjung, Minggu (21/1).

“Khatam Al Quran yang dilaksanakan ini adalah yang ke 10 kali, dan pesertanya terus meningkat tiap tahunnya, tahun sebelumnya hanya 23 peserta, dan tahun ini meningkat menjadi 29 peserta,” ujar Asnam, selaku ketua Panitia dalam kegiatan ini.

Terlihat acara Khatam Al Quran kali ini cukup meriah, pasalnya sehari sebelum kegiatan ini, juga dilaksanakan pemotongan hewan kerbau aqiqah, kemudian malam harinya diadakan acara budaya “Basilawaik dulang” .

Minggu pagi, sebelum kegiatan Katham Al Quran ini dimulai, para peserta terlebih dahulu melaksanakan iring-iringan pawai yang dimulai dari Masjid Al-Jadid menuju Pasar Sijunjung, kemudian kembali lagi ke Masjid Al Jadid, Kampung Baru.

Disamping diikuti oleh orang tuanya dan anak-anak yang mengaji di Masjid Al-Jadid ini, pawai tersebut juga tampak lebih semarak lagi, ketika diiringi oleh kelompok Drum Band  dari SDN 09 kecamatan Sijunjung.

Pelaksanaan Khatam Al Quran Masjid Al Jadid ini, juga dihadiri oleh walinagari Sijunjung, yang dalam hal ini diwakili oleh Rudi (Kaur Pemerintahan), dalam sambutannya, menegaskan,” Kalaupun anak-anak peserta ini sudah melakukan Khatam Al Quran, seterusnya jangan sampai berhenti mengaji, kapan perlu tingkatkan terus hafalan Al Qur’annya,” ujar, Rudi.

Kemudian Camat Sijunjung, Khalfian Nuraflis, juga berharap,” Agar para wali murid, jangan pernah berhenti mengantar anaknya mengaji, apalagi pada tahun ini insentif untuk guru mengaji TPQ/TPSQ  naik. Dan selanjutnya persiapkan diri dalam menghadapi MTQ tingkat kecamatan tahun ini yang diadakan di Nagari Solok Ambah,”ungkapnya.

Kasi Pekapontren Kemenag Kabupaten Sijunjung, Yoni Hendra,Sag,MA, mengatakan,” Mudah-mudahan anak-anak yang telah lulus Khatam Alquran ini menjadi anak yang sholeh dan sholeha.

Ditambahkan,”  Bagi masyarakat, wali murid, terus rangkul anaknya untuk mengaji, sebab Lembaga TPQ/TPSQ/MDTA  sudah menjadi perhatian serius dari pemerintah baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah, buktinya kedepan itu insentif guru mengaji terus naik,” imbuhnya.

Disamping Forkompincam lainnya, pelaksanaan Khatam ini juga hadir Kepala KUA kecamatan setempat,yaitu  Bujisar, serta lembaga-lembaga di kenagarian setempat.

Disisi lain adalah sebuah kehormatan besar bagi masyarakat Sijunjung, pasalnya dalam pelaksanaan Khatam Al-Quran Masjid Al-Jadid Kampung Baru, Sijunjung ini,  juga dihadiri oleh Irradatillah, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Disini Irraditilah, menyampaikan,” Agar anak-anak kita yang telah lulus Khatam Alquran ini, terus meningkatkan bacaan Al Qurannya, dan untuk hafiz atau menjadi hafal Al Quran, kalau bisa hafal 30 juz,” harapnya dalam acara ini. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi