memberitakan secara cerdas dan berimbang

Dua Pelaku Spesialis Pembobol Sekolahan dan Perkantoran Diringkus Polisi

Pelaku Ternyata Anak Dibawah Umur

200

Sijunjung,MediaCerdas.com– Dua orang anak di bawah umur warga Kenagarian Tanjung Kecamatan Koto VII terpaksa diamankan pihak kepolisian Sektor Koto VII terkait beberapa kasus pencurian yang terjadi diwilayah kecamatan Koto VII, Minggu (4/2). Kedua pelaku tersebut diamankan karena diduga merupakan pelaku spesialis pembobol perkantoran dan sekolah yang ada di kecamatan Koto VII. Sedikitnya empat sekolah dan satu Kantor Wali nagari pernah menjadi korban dari aksi pencurian mereka.

Kedua pelaku yang merupakan anak putus sekolah tersebut diketahui berinisial “DP” (15) warga Jorong Koto Tanjung Kecamatan Koto VII dan “PF” (16) warga Jorong Ujung Padang Kenagarian Tanjung Kecamatan Koto VII. Kedau pelaku bersama sama dalam menjalankan aksi kejahatannya, mencuri alat elektronik seperti laptop, komputer dan printer yang ada di sekolahan ataupun diperkantoran.

Dari infromasi yang diperoleh, penangkapan kedua pelaku tersebut bermula dari maraknya pencurian di beberapa sekolah di wilayah kecamatan Koto VII yang membuat resah warga serta tiga laporan kepolisian yang masuk ke Polsek Koto VII, sehingga jajaran Unit Reskrim Polsek Koto VII bergerak cepat menyelidiki dan mencari tahu pelaku pencurian tersebut.

Setelah melakukan penyelidikan, didaptkanlah informasi dari beberapa saksi dan warga yang berada di beberapa Tempat Kejadian Perkara (TKP) bahwa pelaku pencurian di beberapa lokasi di wilayah kecamatan Koto VII merupakan oknum dari warga Kenagarian tanjung. Mendapatkan informasi tersebut, anggota Unit Reskrim Polsek Koto VII pun langsung melakukan penyelidikan lebih lanjut dan didapatlah nama dari kedua pelaku yang diduga kuat melakukan aksi pencurian di wilayah Kecamatan Koto VII.

Selanjutnya  pada Sabtu (3/2) sekira pukul 16.30 tim Reskrim yang dipimpin oleh Kapolsek Koto VII AKP Suyanto dan Kanit Reskrim Ipda Julian serta di backup oleh Satreskrim Polres Sijunjung melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku berinisial “ DP” dan “PF” yang sedang mengendarai sepeda motor di Kenagarian Tanjung Kecamatan Koto VII dan diamankan ke Mapolsek Koto VII untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah dilakuan pemeriksaan terhadap kedua pelaku oleh tim penyidik, kedua pelaku tersebut mengakui perbuatannya yang melakukan pencurian di beberapa sekolahan dan perkantoran di wilayah Kecamatan Koto VII dan kedua pelaku tersebut menunjukan beberapa tempat dimana barang bukti disembunyikan ddan dijual oleh pelaku. Dari kedua pelaku, pihak kepolisian berhasil mengamankan barang bukti  berupa lima unit monitor merk Lenovo (SMP 16), satu unit Printer dan Infocus (SMP 33) dan satu unit Chasing computer (Kantor Wali Nagari Guguak) yang kemudian diamankan di Mapolsek Koto VII untuk pengembangan lebih lanjut.

Kapolres Sijunjung AKBP H. Imran Amir S.IK,MH melalui Kapolsek koto VII AKP Suyanto didampingi Kanit Reskrim Ipda Julian dan Paur Humas Iptu Nasrul membenarkan penangkapan kedua pelaku dibawah umur tersebut yang terlibat dalam beberapa kali aksi pencurian di beberapa sekolah dan perkantoran di Kecamatan Koto VII.

“ Kedua Pelaku berninsial “DP” dan “PF” yang diamankan oleh petugas kepolsiian memang masih anak dibawah umur yang putus sekolah yang telah melakukan beberapa kali aksi pencurian di sekolah dan kantor di wilayah Koto VII,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (4/2).

Kapolsek menambahkan saat ini kedua pelaku bersama barang bukti yang diamankan dari pelaku telah diamankan di Mapolsek Koto VII untuk penyidikan dan pengembangan lebih lanjut. “ Untuk proses hukumnya tetap kita lanjutkan meskipun pelaku masih berstatus anak anak atau dibawah umur sesuai dengan proses hukum pidana terhadap pelaku yang masih dikategorikan anak-anak atau dibawah umur,” tegasnya.(adm)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi