memberitakan secara cerdas dan berimbang

Musrenbang Ditingkat Nagari Tidak Ada Lagi

sesuai dengan Permendagri No 86 tahun 2017

224

Sijunjung,mediacerdas.com___   “Kedepannya Musrenbang Nagari tidak adalagi”, ungkap, Febrizal Anshori, SH,Msi,  Kepala Bappeda, kabupaten Sijunjung di ruang kerjanya. Jum’at (19/1).

Dijelaskan bahwa , “Ini sesuai dengan  Permendagri no. 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata cara Evaluasi RRPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD,” jelasnya, kepada mediacerdas.com.

Jadi  kedepan itu yang ada hanya, Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang  Kabupaten.

Sebagai penganti Musrenbang Nagari tersebut adalah Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPD) , sesuai dengan Permendagri  No 114 tahun 2014.

Dalam prosesnya ini meliputi, usulan dari Alokasi Dana Desa (ADD), kemudian usulan dari Alokasi Dana Nagari (ADN) dan Usulan dana APBD dari Kabupaten.

Prosesnya RKPD ini dilakukan sebelum Musrenbang Kecamatan dilaksanakan, sebab Musrenbang Kecamatan itu nanti dilaksanakan pada Minggu kedua  bulan Februari  tahun 2018 ini,” ucap Febrizal Anshori, yang akrab di panggil Ferry ini.

Untuk tahun 2018 ini, RKPD sudah dilaksanakan pada akhir 2017 kemaren, sebab setelah RKPD ini dilaksanakan oleh setiap nagari, barulah peraturan ini diberlakukan.

Sedangkan untuk Musrenbang  tingkat Kabupaten Sijunjung, dilaksanakan pada tanggal 20-21 Maret 2018 mendatang.

Permendagri No 86 tahun 2017 adalah penganti dari Permendagri No 54 tahun 2010,  dan sekarang Musrenbang yang akan dilaksanakan pada setiap kecamatan nanti , akan memakai sistim online ke kabupaten, atau E-Planning.

“Dan dengan sistem ini, tidak ada lagi kegiatan yang naik dijalan, kalau nanti memang ada atau terjadi, akan ketahuan siapa yang melakukan ini, dan orang tersebut akan mempertanggung jawabkan perbuatannya tersebut,” terang Febrizal Anshori.

E-Planning ini adalah alat bantu yang memberikan keuntungan maksimal baik dari sisi waktu maupun kualitas Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah.

Diakhir pembicaraannya Febrizal Anshori mengatakan, “ Hal tentang tidak ada lagi Musrenbang di tingkat Nagari, mungkin belum semua orang tahu, walaupun Bappeda Sijunjung, telah mensosialisasikan aturan ini, jadi diharapkan adanya peran media disini,” harapnya. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi