memberitakan secara cerdas dan berimbang

Murid Sekolah Dasar Sering Tak Belajar Karena Kekurangan Guru di Sijunjug

197

Sijunjung,mediacerdas.com__  Beberapa Sekolah Dasar Negeri (SDN) kekurangan guru, di Sijunjung.

Kurangnya guru ini berdampak buruk terhadap proses belajar mengajar di SDN setempat.

Keadaan  ini, diperburuk lagi dengan dilantiknya beberapa orang guru menjadi  Kepala Sekolah, di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati pada 3 November 2017 yang lalu.

Sebab di sebuah SD tersebut ada beberapa guru yang lolos dalam  tes menjadi kepala sekolah.

Dari penelusuran mediacerdas.com pada sebuah SDN di kabupaten setempat, keadaan awalnya guru-guru kelas dan guru agamanya lengkap, tetapi karena 4 orang guru ASN nya lulus dalam tes menjadi kepala sekolah, dan kemudian guru agamanya telah pensiun, akhirnya SDN ini menjadi kekurangan guru kelas sampai sekarang, sehingga seringnya murid-murid tersebut tak belajar.

Kekurangan guru dibeberapa SD di Sijunjung ini, diakui oleh Noviandri.Spd.Mpd, yaitu Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten setempat  ketika di komfirmasi mediacerdas.com , Kamis (22/2/2018)

Sekdisdikbud Noviandri, didampingi kabid SD, M.Siid.Spd I, dan Kasinya  Drs. Syukur, MM, lebih jauh mengatakan,” Dalam data kita, ada 617 orang guru SD yang ASN masih kurang di Sijunjung, dan ini hampir merata pada seluruh SD di kabupaten ini,” ujarnya.

“Dari 617 orang guru SD ini diisi oleh guru honorer, atau tenaga harian lepas, sesuai dengan Perbup No 8 tahun 2016, tentang Tenaga Harian Lepas (THL)  yang dibayar dengan Dana BOS dan Dana APBD,” ungkapnya.

“Ke 617 orang tersebut, terdiri dari 22 orang guru agama, 480 orang guru kelas dan 115 orang guru olah raga, ini adalah data tahun 2018,” tegasnya.

Untuk mencari solusi masalah kekurangan guru ini, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sijunjung, melakukan pendataan dan pemetaan guru-guru, selanjutnya  laporan pemetaan ini disampaikan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi