memberitakan secara cerdas dan berimbang

Ketika Kebersamaan Itu Hadir Status Sosial Tidak Pernah Terlihat Lagi

Dua orang yang mempunyai status sosial yang sama "Baralek" di Tengah Pasar Sijunjung,

180

Sijunjung, mediacerdas.com__ Pasar Sijunjung gempar..!, Pasar Sijunjung “baralek gadang”..!, Irma,, baralek..!, Irma sekarang viral di facebook..!!

Nah..! begitulah suasananya yang terjadi di Pasar Sijunjung pada Minggu sore, (28/1/2018), layaknya bak seorang selebritis papan atas, Irma menjadi topik perbincangan dimana-mana, tidak saja oleh masyarakat Jorong Pasar Sijunjung, tetapi sudah melebar ke Jorong-Jorong lain, bahkan juga sudah merasuk ke Nagari lain di Sijunjung.

Banyak sekali masyarakat yang melihat acara ini langsung mengambil potonya dengan Hand Pone kamera, kemudian ada juga yang langsung memposting ke media sosial.

Siapa yang tidak kenal dengan Irma (37 th) di Pasar Sijunjung, (ia) adalah seorang janda anak satu, yang kesehariannya berada dan hidup dipasar Sijunjung ini dengan seorang anak laki-lakinya yang tuna wicara.

Irma Anggraini nama lengkapnya, dan akrab disapa dengan Irma oleh Pedagang atau masyarakat Pasar Sijunjung ini, (ia) agak sedikit mempunyai keterbelakangan mental, dan sudah bertahun-tahun hidup ditengah pasar dengan belas kasihan orang lain.

Kemudian disisi lain, masih dikehidupan Pasar Sijunjung ini, juga ada yang bernama Syahril Rajo Nago (66 th) atau yang akrab dipanggil Bujang Nago, yaitu salah seorang petugas kebersihan Pasar Sijunjung, juga sudah bertahun menjadi petugas K3 Pasar setempat.

Diprakarsai oleh kepala Jorong Pasar Sijunjung Andri Saputra, dan Marak Pasar (Ketua Pasar) Pardi,  dan Ris salah seorang pengurus Pasar setempat, pada Minggu (28/1/2018) sekitar pukul 13.30 Wib, kedua orang tersebut yaitu Irma dan Bujang Nago, diarak keliling Pasar setempat,  dengan berpakaian anak daro jo marapulai  (busana pengantin dalam acara perkawinan adat Minangkabau).

Kedua orang ini telah menikah pada Rabu (24/1/2018) yang lalu di Kantor KUA kecamatan Sijunjung, disaksikan kepala Jorong Pasar Sijunjung Andri Saputra.

Kemudian melihat suasana ini,  berbagai ronapun muncul pada masyarakat Pasar Sijunjung sore itu, ada yang merasa geli dan lucu, ada juga yang merasa senang, dan ada yang merasa hiba dan  suka cita, ketika pasangan ini memakai pakaian anak daro jo marapulai  kemudian disandingkan duduk berdua pada tempat yang telah disediakan atau dirancang oleh temannya dari petugas K3, di Los Pasar tersebut.

Akhirnya suasananya bertambah meriah dan penuh tawa ketika kedua mempelai ini telah duduk dikursi pelaminan di los Pasar Sijunjung tersebut, yang kemudian diiringi oleh alunan musik tape recorder.

Disini tidak terlihat lagi status sosial dari kedua orang ini, karena semua masyarakat daerah Pasar Sijunjung, sangat mendukung sekali dengan acara “Baralek Gadang” ala Irma ini.

Terlihat teman-temannya yang berada di Pasar Sijunjung ini pun ikut bersuka ria,  mulai dari acara arak-arakan Irma dengan Bujang Nago, mereka berjoget menari, sampai di depan pelaminan yang telah mereka rancang, di los Pasar dekat Kantor Pos tersebut.

Dan ini juga disaksikan oleh masyarakat sekitar dengan senang hati, seperti yang dituturkan oleh Ris, yaitu salah seorang pengurus Pasar setempat,” Kita tidak lagi melihat status sosialnya, tetapi disini adalah apa yang bisa kita berikan kepada mereka berdua yang kurang mampu ini, semoga acara yang dirancang untuk mereka berdua ini menjadi amalan kita di kemudian hari,” ucapnya.

Kepedulian masyarakat setempat juga dibuktikan dengan banyaknya kado yang diberikan, kepada kedua pasangan ini saat mereka sedang bersanding.  (aciak)

 

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi