memberitakan secara cerdas dan berimbang

Disnaker Sijunjung Terus Beri Pelatihan Terhadap Calon Tenaga Kerja

94

Sijunjung,mediacerdas.com__  Pemerintahan kabupaten Sijunjung, melalui Disnakertrans terus menekan angka pengangguran di dikabupaten setempat, dengan berbagai kegiatan.

Salah satunya adalah mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para pengangguran aktif maupun terhadap pengangguran setengah aktif.

Selasa (30/1/2018) bertempat di Gedung Pertemuan Pancasila, Muaro Sijunjung, Disnakertrans kabupaten setempat kembali mengelar pelatihan berbasis kompetensi bagi calon tenaga kerja yang produktif.

Pelatihan ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati, Arrival Boy, dihadiri oleh Ketua DPRD, Yusnidarti,SH,MM, juga Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat, Dedi Putra,ST, serta Kepala BLKI Padang, Afridalmon.MPd.

Arrival Boy, menyampaikan,” Untuk membangun perekonomian dimasa datang, harus disiapkan pondasi yang kuat, untuk itu dituntut memiliki energi, talenta, dan kreatifitas,’ ucapnya.

Dikatakan,” Melalui pelatihan ini, diharapkan generasi muda yang ada di Nagari-Nagari, mampu menyamakan persepsi, pemahaman, serta kreatifitas  dalam rangka menciptakan lapangan pekerjaan.

Didepan 752 orang peserta, dan Kepala OPD, serta camat sekabupaten Sijunjung, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Riky Mainaldi Neri SSTP.Msi, juga menyampaikan,” Disnakertrans Sijunjung, terus mengenjot dan menciptakan tenaga kerja yang handal, mandiri, juga mampu bersaing dengan pangsa pasar,” ujarnya.

Kemudian,” Pelatihan kompetensi bagi calon tenaga kerja ini, dilaksanakan bertahap, dan yang dilaksanakan sekarang ini adalah tahap awal, dari 752 orang dibagi menjadi 47 paket, 30 paket dari dana APBN dan 17 paket dari dana APBD Sijunjung,” katanya.

Pelatihan ini akan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) setempat, lama pelatihannya sesuai dengan bentuk pelatihannya, seperti pelatihan menjahit selama 45 hari, pelatihan tekhnisi HP selama 35 hari, pelatihan bengkel sepeda motor selama 30 hari, instalasi listrik selama 35 hari, dan pelatihan Drafter selama 30 hari.

Dalam pelatihan ini, nantinya akan didatangkan instrukturnya dari Provinsi Sumatera Barat, didampingi instruktur kabupaten Sijunjung.

Diakhir acara ini, ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Wakil Bupati Arrival Boy. (aciak)

Komentar Facebook