memberitakan secara cerdas dan berimbang

Dinas Perkimlih Sosialisasikan Pengelolaan Sampah

101

Dinas Perkimlih Kabupaten Sijunjung menggelar sosialisasi pengelolaan sampah.Sedikitnya, 100 orang peserta utusan dari OPD, Instansi Vertikal, BUMD/BUMN mengikuti sosialisasi yang gelar Dinas Perkimlih di Aula Dinas PUPR, Kamis (25/1).

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin diwakili Kepala Dinas Perkimlih, Khairal mengatakan, sosialisasi pengelolaan sampah skala kantor bagi pengelola K3 kantor merupakan tindak lanjut gerakan pengurangan sampah reduse, reuse dan recyele (GPS 3R) yang dicanangkan 31 Oktober 2017 lalu.

“Kegiatan GPS 3R tidak saja ditujukan pada masyarakat, tetapi wajib diterapkan OPD/Instansi di Kabupaten Sijunjung,” katanya.

Pasalnya, berdasarkan evaluasi dan pengamatan Dinas Perkimlih, pengelolaan sampah di kantor pemerintahan/BUMD/BUMN belum melaksanakan pengelolaan sampah dengan cara berwawasan lingkungan.

Seperti, dibakar, dibuang sembarangan, ataupun tidak ada pemilihan dan pemanfaatan sampah sesuai jenisnya.Bahkan, masih ada memandang sampah sebagai barang sisa yang tidak berguna.“Selama ini, pengelolaan sampah masih bertumpu pada pendekatan akhir.Artinya, sampah dikumpulkan, diangkut dan dibuang ke TPA,” katanya.

Padahal, timbunan sampah dengan volume yang besar di TPA berpotesi melepas gas metan serta meningkatkan emisi gas rumah kaca dan memberikan kontribusi terhadap pemanasan global.

Pengelolaan sampah yang bertumpu pada pendekatan akhir sudah saatnya ditinggalkan.Paradigma baru memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomi, yakni untuk energi, kompos, pupuk ataupun untuk bahan baku industri.

Karena itu, bupati mengimbau aparatur di daerahnya, untuk memulai pengelolan sampah skala kantor dengan cara berwawasan lingkungan.

Panitia penyelenggara, Roni Sudirman, menyebutkan sosialisasi ini diikuti 100 orang peserta.Mereka berasal dari instansi pemerintah, swasta, BUMD/BUMN di Kabupaten Sijunjung.

Sosialissi sehari ini mendatangkan narasumber, yakni Syaifudin Islami, STP, M. Si dari jejaring Bank Sampah Ranah Minang Sumatera Barat dengan materi “Pengelolaan Sampah Skala Kantor dengan cara Berwawasan lingkungan” dan Silvaria Asra, M. IL dari Dinas Perkimlh Kabupaten Sijunjung dengan materi ” Pengelolaan Sampah 3R melalui Bank Sampah Lansek Manih,” terang Roni.-ape

Komentar Facebook