memberitakan secara cerdas dan berimbang

Dandim 0310/SSD Ajak Insan Pers Ciptakan Suasana Kondusif

78

Sijunjung,mediacerdas.com___Komando Distrik Militer (Kodim ) 0310/SSD yang melingkupi Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya mengajak insan pers yang bertugas di dua Kabupaten dan Satu kota tersebut  untuk turut menciptakan suasana kondusif. Ajakan itu disampaikan oleh Komandan Kodim 0310/SSD Letkol.Inf. Irvan Yisri S.Ip, saat duduk bersama dengan sejumlah wartawan dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) kota Sawahlunto, Sijunung dan Kabupaten Dharmasraya, Jumat (2/2) di Makodim 0310/SSD.

“Sinergi TNI dengan media itu penting apalagi di tahun 2018 banyak program TNI yang akn dilaksanakan seperti kegiatan TMMD dan lain sebagainya, dimana rekan-rekan media ikut dalam suksesnya kegiatan tersebut serta menciptakan suasana kondusif dalam memberikan informasi harus akurat, seimbang agar tidak ada keresahan tafsir di masyarakat,” ujar Dandim.

Dandim juga mengatakan, sebagai salah satu badan publik, pihaknya akan terus membuka diri dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui wartawan. “Sebagai sumber informasi, kita harus proaktif memberikan informasi kepada media dimana semua elemen masyarakat harus berperan mengawal terkhusus media yang memiliki peran penting,” tambahnya.

Menurutnya, sikap proaktif jajarannya dalam pemberian informasi adalah sebagai salah satu komitmen TNI dalam mengantisipasi beredarnya berita hoax di tengah masyarakat. “Kita harus proaktif, karena, wartawan akan mencari informasi dengan caranya sesuai dengan kode etik dan kaidah jurnalistik,”tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua PWI Sijunjung melalui salah seorang pegurus PWI memberikan apresiasi kepada Kodim 0310/SSD yang  konsisten dekat dengan media meskipun kerap pergantian pucuk pimpinan, namun di masa tugasnya selalu diawali silaturahmi dengan wartawan. Hal ini dinilai sangat penting agar program Kodim dapat terekspos di tengah masyarakat.

“Kami sebagai wartawan juga punya tanggung jawab besar dan tidak hanya milik TNI saja, tapi tulisan bisa pengaruh terhadap potensi konflik antar anak bangsa. Jadi wartawan juga harus berhati-hati dalam memberikan informasi,” ungkap Martius.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kasdim 0310/SSD, para Danramil dan sejumlah perwira di lingkungan Makodim 0310/SSD. (adm)

 

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi