memberitakan secara cerdas dan berimbang

Bupati Yuswir Arifin Masuk Nominasi Bupati Berprestasi Se-Indonesia.

0 62

Sijunjung,media cerdas.com
Tim penilaian dari Balitbang Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan observasi lapangan penerima penghargaan kepemimpinan ke Kabupaten Sijunjung. Kedatangan yang terkesan mendadak tersebut dilakukan untuk mengumpulkan data dan obeservasi dalam penilaian penghargaan yang telah diterima oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin selama menjabat sebagai kepala daerah, baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional. Penilaian dari Kemendagri tersebut untuk menentukan nominasi Bupati dan Walikota berprestasi dan penerima penghargaan terbanyak ditingkat nasional yang akan digelar di penghujung tahun ini.

Secara nasional, sebanyak 24 Bupati akan dinilai oleh tim Balitbang Kememdagri tersebut, dan untuk provinsi Sumbar hanya dua Kabupaten yang terpilih masuk nominasi yaitu, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Agam. Dalam penilaian itu, berbagai penghargaan yang pernah diraih Bupati Yuswir Arifin. “Saya mendapat pemberitahuan adanya tim penilaian dari Kemendagri ini hanya satu hari sebelum kedatangan tim, dan karena bukti penghargaan itu memang sudah ada, kita tinggal memajang saja lagi,” tutur Bupati Yuswir Arifin, didampingi Sekda, Zefnihan pada Kamis (26/10) usai penilaian.
Menanyakan tentang dirinya masuk kedalam nominasi berprestasi tersebut, Yuswir Arifin mengaku tidak mengetahui dan menyangka sebelumnya. “Kita tidak tahu kalau masuk nominasi, bahkan secara mendadak tim itu datang,” katanya.

Tim Balitbang Kemendagri tersebut memberikan lembaran kuisioner kepada peserta yang hadir, yang terdiri dari berbagai kalangan serta forkopimda yang ada, kemudian diisi oleh responden dan dikembalikan kepada tim penilai. Selain itu, tim juga melakukan observasi, tanya jawab dan melihat langsung berbagai jenis penghargaan yang pernah diraih. “Kita sebelumnya telah melakukan penilaian juga dari pemberitaan media tentang kepala daerah yang berprestasi secara nasional. Nah, di Sumbar ini ada Empat daerah, dua kabupaten dan dua kota, salah satunya kabupaten Sijunjung. Penilaian ini salah satunya bertujuan untuk memotivasi kepala daerah untuk lebih baik lagi kedepannya, aspek penilaian ini dilakukan menyeluruh terkait kepemimpinan Bupati. Dari 24 bupati secara nasional, nantinya akan dipilih 12 diantaranya yang paling bagus,” tutur ketua tim Balitbang Kemendagri, Aat Surya Syafa.
Dijelaskannya, kepala daerah yang nantinya akan masuk kategori terbaik akan diberikan penghargaan dan reward dari Kemendagri.(endo)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi