memberitakan secara cerdas dan berimbang

27 orang PPS Sijunjung Dilantik di UDKP Kecamatan Setempat.

89

Sijunjung,mediacerdas.com__  Sebanyak 27 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekecamatan Sijunjung dilantik dan diambil sumpahnya oleh Alvis Buana, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat. Jumat (9/3/2018). Di Gedung Pertemuan UDKP kecamatan Sijunjung.

Pelantikan dan pengambilan sumpah PPS ini dihadiri oleh Sekcam Sijunjung Hamdan,SSTP, Komisioner KPU divisi Hukum Didi Cahyadi Ningrat, Ketua Bawaslu, Hutrial Tatul, Sekretaris KPU, Irzal Zamzami, dan Kanit intel Polsek Sijunjung, Bripka, Kholil.

27 orang PPS yang dilantik dan diambil sumpahnya ini tersebar disetiap nagari yang ada di kecamatan Sijunjung, masing-masing 3 orang PPS/ Nagari.

Pelantikan ini juga disaksikan oleh Ketua Panwas Kecamatan Sijunjung, Ogi Putra, dan anggotanya serta walinagari-walinagari sekecamatan setempat, dengan Rohaniwan dari Kemenag kabupaten Sijunjung, yaitu Iskandar.

Sebelum 27 orang PPS ini dilantik dan diambil sumpahnya, salah seorang dari PPS ini membacakan Fakta Integritas, dalam amanah tugas yang diembankan kepada mereka sebagai PPS di masing-masing Nagari sekecamatan setempat.

Usai melantik dan membacakan sumpah jabatan PPS ini, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kecamatan Sijunjung, Alvis Buana, dalam sambutannya menyampaikan,” Diharapakan kepada PPS sekecamatan Sijunjung ini bekerja sesuai dengan aturan, karena PPS ini ujung tombaknya dalam pelaksanaan pesta Demokrasi di Indonesia ini, artinya PPS inilah yang langsung berhadapan dengan masyarakat,” ujarnya.

Disini sekretaris camat,(Sekcam)  kecamatan Sijunjung, Hamdan,SSTP, juga mengucapkan selamat atas dilantiknya PPS Sijunjung ini, dan kemudian Hamdan juga menegaskan kepada 27 orang PPS ini  bahwa,” Dari 27 orang anggota PPS ini, 70% adalah anggota baru dan 30 % lagi adalah anggota lama, maka dengan banyaknya personil baru ini diharapkan agar tetap meng update regulasi-regulasi tentang Sijunjung,” tegasnya.

Ditambahkan,” Ketika ada yang diragukan dilapangan atau ada persoalan-persoalan yang muncul, jangan langsung dijawab, tetapi langsung dikoodinasikan dengan pihak-pihak terkait, dan jalin komunikasi yang baik dengan semua pihak,” saran, Sekcam Hamdan, dalam acara ini.

Hamdan, juga sampaikan,” Bahwa pihak kecamatan Sijunjung pun siap memberikan satu ruangan di kantor camat Sijunjung untuk dijadikan sekretariat PPS,”ujarnya lagi.

Kemudian Didi Cahyadi Ningrat, komisioner KPU kabupaten Sijunjung, dari Divisi Hukum, yang juga Wakil Koordinator Wilayah (Korwil) kecamatan Sijunjung, mengatakan,” PPS adalah gerbang terdepan yang bersentuhan  langsung dengan pemilih,” ucap, Didi.

“Kita tahu tugas PPS itu cukup berat  dalam membantu KPU, KPU provinsi, KPU kabupaten /Kota dan PPK dalam pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan, dan daftar pemilih tetap, maka dengan fakta integritas yang dibacakan tadi, nantinya jangan sampai terjadi salah seorang fakta integritas rusak, maka yang lainnya menjadi terganggu,” tegas, Didi komisioner KPU dari Divisi Hukum ini.

Ditambahkan lagi,” Nantinya PPS ini saat bekerja, maka bekerjalah dengan betul-betul serta  jujur, dalam melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) secara benar dan sungguh-sungguh,” imbuhnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Didi Cahyadi Ningrat, Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung, Hutrial Tatul juga mengatakan,” Karena PPS yang berbenturan  pertama sekali dengan masyarakat, maka diharapkan antara PPS dengan pihak-pihak lain harus bisa bekerja sama, karena biasanya kasus perkasus itu muncul pertama kali dari nagari-nagari,” ujar Tatul.

Disampaikan lagi bahwa,” selalulah jaga fakta integritas, sebab kalau integritas itu sudah rusak maka rusaklah Demokrasi tersebut, untuk itu selalu jaga kejujuran dan jangan sampai terjadi OTT,” ingat ketua Bawaslu kabupaten Sijunjung ini. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi