memberitakan secara cerdas dan berimbang

Yuswir Arifin : Musrenbang Harus Fokus Pada 6 poin Misi Bupati

46

Sijunjung,mediacerdas.com __ Musrenbang tahun 2018 kabupaten Sijunjung, dibuka secara resmi oleh Bupati Yuswir Arifin, di Gedung Pertemuan Pancasila, Muaro Sijunjung, Selasa (20/3/2018).
Musrenbang ini dihadiri oleh unsur Porkompinda, Wakil Bupati, Sekdakab, kepala OPD, Camat dan Walinagari sekabupaten Sijunjung, serta tamu undangan dari Bappeda kabupaten/kota lainnya.
Musrenbang tahun ini lebih menarik lagi karena sebagai narasumber adalah rektor dari Unand yaitu Dr.Ir.Febrin Anas Ismail, dengan memaparkan bagaimana masalah Geo Park Sijunjung kedepannya, kemudian ditambah lagi penyampaian dari Bappeda Provinsi Sumatera Barat, yang dalam hal ini dihadiri oleh Drs. Youlius Honesti,Msi, kabid Perencanaan Makro dan Pendanaan Pembangunan.
Untuk diketahui publik bahwa Musrenbang tahun 2018 ini telah melalui proses yang cukup panjang dari tingkat bawah mulai dari pembahasan ditingkat nagari, kemudian Musrenbang ditingkat Kecamatan, serta Renja OPD, dan Pokok-pokok pikiran DPRD, yang selanjutnya nanti akan menjadi RKPD tahun 2019.
Febrizal Anshori,SH,Msi, kepala Bappeda kabupaten Sijunjung, mengatakan,” Musrenbang di tingkat kabupaten Sijunjung ini, adalah telah melalui proses yang cukup panjang, walaupun ditingkat nagari tidak ada lagi Musrenbang, tetapi tindak lanjutnya tetap dari nagari yaitu kegiatan-kegiatan yang dananya cukup besar, dan tidak masuk dalam dalam APB Nagari melalui ADD, tetapi hal ini sebelumnya masuk dalam pembahasan Musrenbang di tingkat Nagari tahun 2017 yang lalu,” ujarnya.
Kemudian dilanjut pada Musrenbang ditingkat kecamatan, serta Renja OPD, dan Pokok-pokok pikiran anggota DPRD yang telah di Paripurnakan dari hasil reses anggota DPRD tersebut.
Maka dari usulan inilah yang menjadi bahan pada Musrenbang di tingkat kabupaten ini, kemudian kalau di Musrenbang ini ada yang muncul hal baru, inilah nantinya yang akan di akomodir, dan mana-mana yang menjadi prioritas.
Ditambahkan Febrizal Anshori,” Dalam musrenbang ini yang kita prioritaskan adalah misi bupati, maka dari misi bupati tersebut umpamanya atau contohnya dalam masa kepemimpinannya selama 5 tahun itu misinya telah merencanakan insfrastruktur jalan itu sepanjang 5 km, tetapi ditahun 2019 kedepan hanya tinggal 2 km lagi, maka inilah yang akan menjadi prioritas, dalam pembahasan Musrenbang tersebut dan ini artinya diseluruh bidang sesuai dengan misi bupati yang enam poin tersebut, termasuk dibidang ekonomi, sumber daya manusia , pemerintahan yang bersih, kesehatan, sumber daya alam dan revitalisasi asset, sehingga misi bupati ini betul-betul tercapai,” ucapnya lagi.
Sebelum dibuka secara resmi dengan ditandai pemukulan gong oleh bupati Yuswir Arifin, dalam acara musrenbang ini, Bupati menyampaikan,” meminta kepada seluruh OPD agar musrenbang tahun 2018 yang akan menjadi RKPD tahun 2019 ini, betul-betul melihat tugas pokok dan fungsi dari OPD yang bersangkutan, dan bisa masuk dalam program,”ujar bupati.
Dikatakan,” Bahwa Musrenbang ini yang merupakan agenda tahunan, maka pada hari ini kita harus menyamakan persepsi, tetapi yang penting sekali adalah bahwa musrenbag ini adalah tahun ketiga untuk RPJMD, walaupun secara belum ketok palu di DPRD belum dilakukan, tetapi disampaikan oleh ketua DPRD bahwa Rabu (4/4/2018) mendatang akan ketok palu.
Kemudian RPJMD yang disusun untuk tahun 2016 – 2021 ini, telah dilakukan revisi perbaikan –perbaikan, dan ini karena keluarnya PP No 18 tahun 2016 artinya pergeseran tupoksi dinas dan kantor dalam pemerintahan kabupaten Sijunjung, kemudian dilihat dari RTRW, dan ini juga diproses perubahannya karena banyak sekali yang perlu kita sesuaikan sesuai dengan rencana di RPJMD tersebut.
“Selanjutnya rumpun-rumpun di OPD tersebut yang tanggung jawabnya sudah banyak yang bergeser pada OPD yang lain, jadi muntlak RPJMD ini harus diperbaiki dan semuanya ini sudah diperbaiki, dan sudah rampung, hanya tinggal ketok palu di DPRD saja lagi, jadi nanti acuannya adalah misi yang ada di RPJMD tersebut,” ucap bupati Yuswir Arifin lagi.
Ditegaskan lagi oleh bupati Yuswir Arifin kepada kepala OPD, seandainya nanti tidak menyambung dengan misi bupati, maka usulannya nanti akan dicoret,”tegasnya.
“Kemudian RPJMD ini kalau melihat kepada Provinsi dan Nasional betul-betul menyambung, dan sesuai dengan misi, dan inilah yang menjadi fokus dalam pembahasan Musrenbang kali ini,” ujarnya.
Bupati Yuswir Arifin berharap kepada kepala OPD dan seluruh stokholder yang ada baik ditingkat nagari, karena fokusnya nanti memang di nagari, karena dengan APB nagarinya betul-betul menyambung dengan APBD, karena ada kewenangan-kewenangan yang tidak bisa dimasukan ke provinsi maupun ke kabupaten, dan ini harus dilihat dalam menyusun APB nagari,”harapnya.
Semoga musrenbang ini berhasil dengan baik dari musrenbang yang sebelumnya, karena pembanguna itu ditentukan dari rencana yang baik, artinya kalau rencana itu baik maka hasilnya akan baik pula,” tutup bupati Yuswir. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi