memberitakan dengan cerdas

Walaupun sempat diprotes saksi, Pilwana di Aie Angek, Sijunjung, berjalan aman dan lancar

55

Sijunjung,mediacerdas.com__ Pemilihan walinagari (Pilwana) di nagari Aie Angek kecamatan Sijunjung, berjalan aman dan lancar, walaupun sempat terjadi protes dari salah seorang saksi seorang calon walinagari di TPS V jorong Tanggalo, nagari setempat.

Kejadian ini akhirnya bisa redam setelah dimusyawarakan yang dihadiri oleh pihak penegak hukum, yaitu Kapolsek Sijunjung Iptu Yadi.P dan Kapolsek Lubuk Tarok, Iptu Arief, beserta beberapa orang anggotanya.

“Protes ini, berawal dari salah seorang pemilih yang namanya terdaftar di DPT, sedangkan pemilih tersebut tidak berdomisili di Nagari Aie Angek, artinya KTP nya tidak lagi di daerah setempat,” ujar, M,Nasri yaitu saksi dari calon no urut satu.

“Keabsahan suaranya inilah yang kita pertanyakan kepada petugas di TPS V Tanggalo ini,” ungkapnya, ke mediacerdas.com.

Dari persoalan ini sempat suasananya menjadi tegang, dan akhirnya setelah dijelaskan secara rinci oleh pihak dari DPMN, Yaitu Nasrul, Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan yang disaksikan oleh sekcam Sijunjung Hamdan, kemudian masalah ini pun bisa diterima oleh saksi dan pihak-pihak yang berada di TPS V jorong Tanggalo tersebut.

Pilwana nagari Aie Angek ini adalah salah satu nagari yang melakukan Pilwana serentak, dari 5 (lima) Nagari di kabupaten Sijunjung.

Dari pantauan mediacerdas.com dilapangan, setelah perhitungan suara pada masing-masing TPS yang ada dinagari Aie Angek ini, calon nomor satu Asrial, dengan incumbent Syahrul nomor urut dua, terlihat agak bersaing, sedangkan nomor tiga Nofebri Harianto, masih jauh dibawah hanya lebih kurang sekitar 1,8 persen.

Dari imformasi yang dihimpun,secara keseluruhan dimasing-masing TPS, terlihat total perolehan suara sementara, calon nomor urut satu,Asrial, terlihat masih unggul, kemudian di total perolehan suara nomor dua, adalah incumbent Syahrul, diurut terakhir calon nomor urut tiga Nofebri Haryanto. (aciak)