memberitakan secara cerdas dan berimbang

Wabup Arrival Boy buka Bursa Inovasi Nagari

16

Sijunjung, Mediacerdas.Com_ Sebanyak 280 peserta dari berbagai lembaga nagari se-Kabupaten Sijunjung, mengikuti Bursa Inovasi Nagari. Kegiatan yang menyedot perhatian ratusan peserta itu digelar di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat pada Kamis (4/10/2018). Mereka berkomit bersama membangun nagari.

Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Sijunjung itu diikuti 280 peserta yang terdiri dari walinagari, BPN, LPM, se-Kabupaten Sijunjung, P3MD Kabupaten Sijunjung, Camat, Tim TIK, dan TPID Kabupaten Sijunjung termasuk para direktur BUMNag se-Kabupaten Sijunjung.

Pembukaan Bursa Inovasi Nagari sehari itu dibuka secara resmi Wabup Sijunjung, Haji Arrival Boy. Kegiatan tersebut diawali laporan Kadis PMN Sijunjung, Drs. Syukri Syofyan, MM. Dalam bursa inovasi nagari itu dihadiri Kepala Dinas PMD Propinsi Sumbar, Tim Inovasi, Konsultan Pendamping Wilayah P3MD Sumbar, Suryono, Tim Pendamping Propinsi juga hadir termasuk para pimpinan OPD, camat dan para walinagari juga hadir.

Ternyata banyak kegiatan yang terungkap telah sukses dibangun di sejumlah nagari. Mulai bidang ekonomi dan wirausaha. Misalnya, pembuatan Bank Sampah Sehari, budidaya dan pengelolaan lele, tenun unggan menjadi singket, membangun lahan produktif, reklamasi bekas tambang dan BUMNag pun terungkap di bursa inovasi nagari itu.

“Itu baru bidang ekonomi dan wirausaha, bidang infrastruktur kita juga telah berhasil membangun budidaya lele saluran drainase, gedung olahraga, kincir air dan PLTMH (pembangit listrik tenaga migro hidro),”kata Kepala Dinas PMN Sijunjung, Drs Haji Syukri Syofyan, MM.

Dalam kegiatan tersebut Kadis PMN Sijunjung juga menyampaikan program bursa inovasi nagari itu. Program inovasi nagari, belanja inovasi berbentuk kegiatan, wirausaha ekonomi, SDM dan kartu komitmen juga ada di bursa nagari.

Wabup Sijunjung Arrival Boy dalam sambutannya mengaku bangga atas terlaksananya bursa inovasi nagari tersebut. Ia berharap kegiatan tersebut dapat meinovasi kegiatan di nagari dalam membangun nagari.

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi