Tingkatkan Budaya Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Seminar

40

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin membuka secara resmi seminar perpustakaan di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, Selasa (14/11).

Seminar perpustakaan yang diikuti tenaga pengajar dari perguruan tinggi, SMA, SMP dan SD dimaksud untuk meningkatkan minat dan budaya baca, baik di perguruan tinggi maupun di SMA, SMP dan SD di Kabupaten Sijunjung.

“Terima kasih, atas dukungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dalam upaya meningkatkan minat dan budaya baca di kalangan perguruan tinggi, SMA, SMP dan SD,” ucap bupati Yuswir Arifin mengawali sambutannya.

Menurut bupati, dalam dunia pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi tidak dipungkiri lagi perpustakaan merupakan jantungnya pendidikan.Pasalnya, keberadaan perpustakaan, selain wahana pembelajaran sepanjang hayat juga sebagai sarana pendukung proses belajar dan mengajar di sekolah dan perguruan tinggi.

“Saya berharap para pendidik menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber dan pembudayaan gemar membaca,” ujarnya.

Dikatakan, sumber daya yang cerdas, kompetitif, berkarakter dapat dicapai bila sumber daya manusia telah membudayakan membaca dalam kehidupannya.Namun begitu, untuk mendukung budaya membaca, pemerintah kabupaten Sijunjung mendukung dibentuknya Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Sijunjung.

“Untuk fokusnya pengelolaan perpustakaan, dan sekaligus membudayakan membaca,  kami mendukung dibentuknya IPI Kabupaten Sijunjung,” tuturnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Darlias menyebutkan, seminar perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan minat dan budaya baca mahasiswa perguruan tinggi dan siswa di sekolah.

“seminar ini dikuti 60 peserta, yakni dari perguruan tinggi 4 orang, SMA sederajat 10 orang, SMP 30 orang dan SD 16 orang,” ucap Darlias.-ape