memberitakan secara cerdas dan berimbang

Tim SNV Belanda Kunjungi Nagari ODF di Batu Manjulur

54

Sijunjung, Mediacerdas.com_Setelah bertemu Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan Ketua TP PKK Kabupaten,Ny.En Yuswir dirumah dinas bupati, Senin (3/9)Tim Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) Netherlands Development Organisation, Belanda langsung mengunjungi Nagari Batu Manjulur, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung.

” Kunjungan Tim yang beranggotakan Ms Margriet (SNV Belanda), Ms Clair (SNV Belanda), Yuni (SNV Indonesia), Mai (SNV Indonesia), Rosneli dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI Sumbar) dan Suci Kurnia Sari (PKBISumbar) ini adalah dalam rangka meninjau pelaksanaan ODF di nagari tersebut,” ungkap Kabid Sosbud, Rosman Efendi, M.Si kepada awak media, Rabu (5/9).

Kedatangan Tim SNV di Batu Manjulur ini disambut dengan tari pasambahan, Bak marapulai, Tim SNV yang didampingi oleh Camat Kupitan Gafrialdi, SH, Kapolsek IV Nagari Iptu Taufik, SH, Kapten Jufri (Danramil 06), Wali Nagari Batu Manjulur, Sutrisno, Wali Nagari Pamuatan Zubir. M dan Tokoh Adat Nagari Batu Manjulur diarak sampai ke tempat acara.

Dengan penyambutan yang luar biasa itu, Tim SNV menyampaikan perasaan senang dan kebahagiaan nya
” Serius kami bahagia sekali, dengan penyambutan yang luar biasa ini, kami rasanya ingin tersenyum terus,” ungkap ketua tim, Margriet, diceritakan Rosman Efendi.

Ia juga menjelaskan tentang bagaimanapun lelahnya dalam penerbangan dari Belanda ke Indonesia, dengan beberapa kali transit, akhirnya sampai di sijunjung ini, tetapi dengan sambutan yang luar biasa dari Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, Ketua TP PKK, Ny.En Yuswir serta penyambutan yang luar biasa lagi dari masyarakat, khususnya di Nagari Batu Manjulur, Kecamatan Kupitan, kelelahan itu semuanya terbayar.

Kebahagiaan tim SNV itu ditambah lagi dengan melihat keterlibatan wanita dalam setiap kegiatan pembangunan yang dilakukan di nagari nagari, itu semua adalah bukti keseriusan masyarakat untuk membangun nagarinya, Semoga apa yang di impikan Bupati Sijunjung dengan dukungan dari semua pihak akan tercapai, harapnya juga.

Seperti kita ketahui, kata Rosman, Kecamatan Kupitan telah berkomitmen untuk menjadikan Kecamatan yang ODF di tahun 2018 ini, seperti diketahui, selain Nagari Batu Manjulur yang telah mendeklarasikan ODF pada waktu HUT Kab Sijunjung 18 Februari lalu, masih ada dua nagari dan satu desa yg masih belum odf.

Untuk mencapai target tersebut, Kecamatan Kupitan telah membuat komitmen dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk dengam Koramil dan Kapolsek, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Lembaga Nagari beserta unsur masyarakat nagari yang ditandatangani pada Rabu (29/8) beberapa waktu yang lalu.

” Kita berharap, komitmen yang telah dilakukan oleh Kecamatam Kupitan ini juga di ikuti oleh kecamatan lainnya yg ada di Kabupaten Sijunjung, semoga apa yang telah menjadi impian Bupati Sijunjung untuk menjadikan kabupaten yang sehat, bersih dan nyaman akan tercapai nantinya”, sambung Rosman.

” Untuk kita ketahui bahwa, secara kecamatan, yang berpotensi untuk odf di tahun 2018 ini ada tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Kupitan,Kecamatan IV Nagari dan Kecamatan Koto VII yang akses nya diatas 80%,,” tambahnya.

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi