memberitakan secara cerdas dan berimbang

Sosialisasi Penyelesaikan Penguasan Tanah Dalam Kawasan Hutan di Sijunjung

34

Sijunjung,mediacerdas.com__ Sosialisasi Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan Melalui Program “Tanah Objek Reforma Agraria” (TORA) dan Pendataan Awal Kegiatan Inventarisasi Dan Verifikasi Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan di Kabupaten Sijunjung, di buka secara resmi oleh Bupati Sijunjung, yang dalam hal ini diwakili oleh Edwin Suprayogi, asisten II Sekretariat Daerah Pemerintahan Kabupaten Sijunjung, Selasa(27/3/2018) yang digelar di Aula Pertemuan Dinas PUPR kabupaten setempat.

Sosialisasi ini hadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Ir.Hendri Oktavia,Msi, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah I (Medan dan Sumbar) Ir. Rahman Panjaitan, dan Kanwil BPN provinsi Sumatera Barat, yaitu Lubis.

Dengan peserta sosialisasi yaitu para Walinagari dan Camat sekabupaten Sijunjung.

Dalam sambutan bupati yang disampaikan oleh Edwin Suprayogi ini, mengatakan bahwa,” Di daerah Sumatera Barat ini, kabupaten Sijunjunglah yang paling luas dapat Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan melalui program TORA, dari sebelumnya lebih kurang hanya 2 ribu Hektar awalnya.

Kemudian sesuai dengan apa yang diusulkan pemerintah daerah kabupaten Sijunjung sehubungan dengan pembebasan lahan Dikawasan Hutan, maka dari Kementerian Kehutanan RI, disetujui sesuai dengan apa yang dusulkan oleh bupati tersebut, yaitu sebesar 7.596 Ha,” ujarnya.

Ini tergantung dari masyarakat Sijunjung lagi, terutama Nagari-nagari yang termasuk dalama peta indikatif alokasi kawasan hutan untuk penyediaan sumber Tanah Objek Reforma Agraria (TORA), yaitu ada sebanyak 35 Nagari.

Dari 35 Nagari diminta untuk meninventarisir mana-mana tanah, baik itu secara perkelompok maupun secara perorangan diajukan syarat-syaratnya untuk dibuatkan sertifikatnya sesuai dengan program TORA tersebut. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi