memberitakan secara cerdas dan berimbang

Puncak Peringatan Harganas ke XXV di Sijunjung meriah

6

Sijunjung, Mediacerdas.com_Acara Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV Tingkat Kabupaten Sijunjung Tahun 2018, sekaligus Seminar sehari dengan tema “Hari Keluarga Hari Kita Semua”, yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73, di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (9/8) berlansung meriah.

Acara yang dilaksanakan oleh Aparatur Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) ini dibuka oleh Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy dan dihadiri oleh Ketua DPRD, Yusnidarti, Unsur Forkopimda, Sekretaris BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Ketua GOW dan Ketua Organisasi Wanita lainnya, Staf Ahli, Kepala OPD, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Camat dan Walinagari se Kabupaten Sijunjung, para penyuluh KB dan Kader Program KKBPK se Kabupaten Sijunjung.

Pada Kesempatan itu, Wabup Arrival Boy menyampaikan apresiasi kepada Dinas PPKB atas terlaksananya peringatan Harganas ke XXV di Kabupaten Sijunjung ini. Sesuai dengan tema “Hari Keluarga Hari Kita Semua” dengan selogan ” Cinta Keluarga Cinta Terencana” artinya yang tumbuh dan berkembang dalam hati sanubari individu keluarga merupakan buah dari suatu proses yang terencana sebelumnya, ucapnya.

Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bertujuan untuk mendukung upaya pembangunan sumberdaya manusia sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM melalui program KKBPK, namun sampai saat ini masih ada persepsi bila ada tulisan BkkbN itu, sama artinya KB atau identik dengan Alat kontrasepsi, kata Arrival Boy.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan program KKBPK perlu partisipasi aktif dari berbagai pihak, baik dari pemerintah pusat maupun daerah, swasta, lembaga swadaya masyarakat, tokoh masyarakat tokoh agama dan mitra kerja lainnya dalam menggerakkan dan melaksanakan program KKBPK disemua tingkatan wilayah sesuai tugas, fungsi dan peran masing masing.

Keberhasilan Program KKBPK di lapangan sangat ditentukan oleh ke ikutsertaan, partisipasi dan kerjasama OPD dengan mitra kerja,PLBK dengan kader dan tokoh masyarakat lainnya, untuk itu ditekankan kepada seluruh OPD agar lebih meningkatkan kerjasama nya dimasa yang akan datang, harap Wabup.

Kepala DPP-KB Kabupaten Sijunjung, Dra.Rina Devita Eka Putri, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa peringatan Harganas ke XXV Tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2018 ini merupakan implementasi dari Keppres No.39 Tahun 2014 tentang hari keluarga dan tindak lanjut puncak peringatan Harganas yang telah dilaksanakan di Manado pada tanggal 7 Juli 2018 dan Tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Gor Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman beberapa waktu lalu.

“Harganas yang kita laksanakan setiap tahunnya ini mengingatkan kita kembali akan pentingnya keluarga sebagai tempat peresmian putra putri kita dalam membagun karakter dan menanamkan nilai nilai sosial budaya dalam keluarga. Dengan upaya tersebut diharapkan akan tercipta nilai nilai pribadi yang berkarakter yang akhirnya dapat membentuk nilai nilai luhur bangsa Indonesia,”harap Rina.

Dengan tema Harganas tahun ini ” Hari Keluarga Hari Kita Semua”, dengan tage line “Cinta Keluarga Cinta Terencana”, diharapkan dapat menjadi pemicu bagi keluarga Indonesia, bahwa perlu perencanaan untuk masa depan anggota keluarga, tambah Rina.

Momentum hari keluarga ini harus digunakan sebagai langkah nyata dalam mewujudkan keluarga yang berketahanan, karena keluarga merupakan wadah untuk berkumpul bagi anggota keluarga, saling berinteraksi, tempat perlindungan yang paling aman dan nyaman. Ini adalah salah satu upaya untuk menjadikan keluarga sebagai subyek dan obyek pembangunan menuju keluarga kecil bahagia sejahtera, tambahnya lagi.

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi