memberitakan dengan cerdas

Polsek Tanjung Gadang Tangkap Penjambret Bermotor

0 7

Tiga pelaku penjambretan dengan menggunakan sepeda motor  di daerah kecamatan Kamang Baru berhasil diamankan jajaran Kepolisian Sektor Kamang Baru berkoordinasi dengan jajaran Polsek Tanjung Gadang, Selasa (10/10) sekira pukul 14.00 wib.  Tertangkapnya para pelaku tersebut berkat cepatnya laporan dari korban kepada pihak kepolisian serta sigapnya petugas dalam menangani kasus tersebut.

Dari informasi yang diperoleh, kejadian tersebut bermula saat seorang perempuan bernama Farida Hanum (53) warga Jorong Talang Kenagarian Sungai Lansek Kecamatan Kamang Baru yang berprofesi sebagai guru hendak pulang kerumahnya usai mengajar sekira pukul 13.00 wib. Di tengah perjalanan, korban yang mengendarai sepeda motor beat warna Putih dengan Nopol BA 3603 KI tersebut singgah sebentar di rumah salah seorang anaknya  untuk melihat sang cucu dengan sepeda motor terparkir diteras rumah anaknya tersebut.

Bermaksud sebentar, korban pun tidak sengaja membiarkan tas coklat miliknya yang biasa pergi bekerja ditinggalkan tergantung di sepeda motor miliknya yang diparkir di teras rumah anaknya tersebut. Saat korban berada dalam rumah, dalam hitungan menit tiba tiba saja datang dua sepeda motor yang dinaiki oleh tiga orang lelaki. Kemudian, salah seorang pelaku yang diketahui berinisial “SI” (31) dengan cepat turun dari sepeda motornya dan mengambil tas coklat milik korban yang tergantung di sepeda motornya tersebut dan pelaku pun langsung melarikan diri setelah korban memergoki perbuatan pelaku dan berteriak meminta tolong. Namun sayang, saat warga berhamburan keluar ketiga pelaku tersebut dengan cepat memacu sepeda motornyamenuju arah kiliran jao hingga tidak bisa dikejar lagi.

Mengetahui kejadian tersebut, Korban pun langsung bergegas menghubungi sanak saudaranya yang bertugas sebagai Petugas Kepolisian di Polsek Kamang Baru dan memberikan ciri-ciri pelaku yang telah mengambil tas miliknya tersebut kepada saudaranya. Tanpa menunggu waktu, petugas kepolisian Polsek Kamang Baru pun melakukan pengejaran dan berkoordinasi dengan jajaran Polsek Tanjung Gadang untuk menghadang para pelaku yang diduga lari ke arah jalan lintas Sumatera dengan melalui KecamatanTanjung Gadang disertai ciri ciri pelaku dan kendaraan yang digunakan oleh para pelaku.

Berkat kesigapan petugas Kepolisian Kamang Baru dan Polsek Tanjung Gadang, para pelaku pun akhirnya dapat diringkus setelah dilakukan pencegatan. Dari tangan para pelaku petugas berhasil mengamankan tas dan dompet milik korban yang berisikan uang sebesar Rp.750.000,- dan dua buah ciincin emas. Pelaku pun akhirnya diamakna ke mapolsek Kamang Baru untuk pemneriksaan lebih lanjut.

Kapolres Sijunjung AKBP Imran Amir S.IK,MH melalui Kapolsek kamang Baru AKP Lazuardi didampingi Kapolsek Tanjung Gadang Iptu Mendrofa membenarkan kejadian tersebut. “ Alhamdulilah berkat kesigapan korban serta petugas kepolisian, para pelaku berhasil kita tangkap dalam hitungan kurang dari satu jam setelah kejadian,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (11/10).

Lazuardi juga menambahkan bahwa para pelaku yang ditangkap tersebut diketahui berinisial “TM” (33), “SI” (31) dan “DM” (31) yang merupakan warga Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan. “ Saat ini, ketiga pelaku bersama barang bukti Satu unit Sepeda Motor Yamaha MX dengan Nopol BA 1328 HP, Satu unit sepeda motor matic merk Yamaha Mio dengan nopl BA 6053 PV yang diduga menggunakan nopol palsu serta satu unit kendaran sepeda motor matic merk Honda Beat warna Putih dengan nopol BA 3601 KI milik korban diamankan di Mapolsek Kamang Baru untuk penyelidikan lebih lanjut,” ujarnya. (ogi)