memberitakan secara cerdas dan berimbang

Perekaman Data Dokumen Penduduk di Sijunjung Meningkat Tajam Berkat Mobil Pelayanan Keliling

75

Sijunjung,mediacerdas.com__ Kesadaran masyarakat kabupaten Sijunjung semangkin meningkat tajam dalam mengurus dokumen kependudukan didaerah ini, hal ini terlihat dari angka perekaman yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Didukcapil), sampai Februari 2018.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kabupaten Sijunjung, Yenuarita,S,SH,M.Hum, kepada mediacerdas.com ,Rabu (21/3/2018) diruang kerjanya, mengatakan,” Dari jumlah penduduk Sijunjung, sampai akhir tahun 2017, atau semester dua ditahun 2017, sebanyak 234.915, orang, dan wajin KTP sebanyak 163.388 orang, maka yang telah melakukan perekaman ada sebanyak 154.813 orang, dan ini mencapai 94,75%,” beber, Yenuarita kepada mediacerdas.com.

Meningkat tajamnya kesadaran masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan ini, didukung oleh keberadaan mobil pelayanan keliling dari Disdukcapil bantuan pemerintah daerah yang diserahkan oleh bupati Sijunjung pada Januari 2018 yang lalu.kemudian dibantu lagi dengan 1 unit armada mobil APV dari Disdukcapil setempat.

Karena dengan adanya mobil pelayanan keliling yang diserahkan oleh bupati tersebut, pelayanan bisa dilakukan dengan sistem jemput bola, sehingga bisa dilaksanakan dengan maksimal, cuman yang menjadi kendala adalah kurangnya personil atau tenaga perekam di Dinas ini, membuat pelayanan terhadap masyarakat ini memakan waktu sampai malam hari.

Dalam sistem jemput bola yang memakai mobil pelayanan keliling ini, masyarakat kabupaten Sijunjung ini bisa dibantu, dilayani jauh ke pelosok-pelosok nagari, yaitu 3x dalam seminggu, pada setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis.

Dengan menurunkan personil satu tim 6 orang, jadi kalau dua unit mobil sudah memakai tenaga sebanyak 12 orang, hal ini juga berdampak dengan pelayanan di kantor Disdukcapil sendiri, pasalnya walaupun sudah jemput bola ke masyarakat tidak mengurangi masyarakat yang datang ke kantor Disdukcapil.

Masyarakat yang datang ke kantor Didukcapil ini adalah masyarakat yang melakukan perbaikan data penduduknya dan melakukan pindah domisili.

Ada hal yang menarik dilapangan yang terjadi semenjak keberadaan mobil pelayanan keliling di kabupaten Sijunjung ini mulai dioperasikan, yaitu yang biasanya masyarakat setempat enggan mengurus dokumen penduduknya, sekarang tidak lagi, sebab pelayanan ini dilakukan sampai malam hari, dan pencetakan dokumen kependudukannya bisa siap langsung.
Kemudian masyarakat setempat, pada siang harinya masih bisa bekerja seperti biasa, sedangkan malam harinya mereka langsung melakukan perekaman data, artinya tampa menganggu aktivitasnya sehari-hari. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi