Pemkab Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan GPS 3R

82

Pemerintah Kabupaten Sijunjung menggelar sosialisasi pengelolaan sampah dan pencanangan gerakan pengurangan sampah reduse dan recycle (GPS 3 R).

Sosialisasi yang melibatkan seluruh OPD, Camat, TP PKK kabupaten dan kecamatan serta forum kabupaten sehat dibuka secara resmi Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di ruang rapat kantor bupati, Selasa (31/10).

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengakui masalah pengelolaan sampah belum maksimal.Pengangkutan sampah belum bisa menjangkau seluruh nagari di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.

ā€œ Pengangkutan dan pelayanan sampah baru sebatas di ibu Kota Muaro, kawasan perumahan, Pasar Sijunjung, Pasar Tanjung Ampalu, dan Pasar Padang Sibusuk,ā€ ucapnya.

Begitu juga dari sisi sarana dan prasarana pengelolaan persampahan yang dimiliki belum memadai, baik secara kualitas maupun kuantitas.Hal itu dikarenakan terbatasnya kemampuan keuangan daerah dalam pengelolaan sampah.

Pemkab Sijunjung sendiri, dalam pengelolaan sampah sangat berkeinginan sekali untuk mengelola sampah berwawasan lingkungan dan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.Bahkan, katanya, Pemkab Sijunjung telah berupaya dan merencanakan pengadaan tanah untuk lokasi TPA sampah yang baru.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Khairal mengatakan, sosialisasi itu dimaksud memberikan pengetahuan dan pemahaman OPD dan masyarakat dalam pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan.

Selain memberikan pengetahuan dan pemahaman, sambung dia, kegiatan tersebut diharapkan adanya sinergi dalam pengelolaan sampai melalui GPS 3R.

Sosialisasi sehari ini menampilkan narasumber, Bupati Yuswir Arifin, Pejabat Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat dan dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan penandatangan kesepakatan bersama pelaksanaan GPS 3R antara Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sijunjung dengan TP PKK Kabupaten dan Forum Kabupaten Sehat.-ape