memberitakan dengan cerdas

Pembangunan infrastruktur melalui ADD, berdampak positif di Nagari Sijunjung

0 5

Sijunjung, media cerdas.com,_
Nagari Sijunjung, kecamatan Sijunjung, kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, termasuk salah satu nagari yang cukup berhasil mengelola dana desa setiap tahunnya.
Artinya sejak pemerintah pusat mulai mengucurkan dana desa 1 miliar pada tahun 2015 yang lalu.
Nagari Sijunjung, yang dibawah kepemimpinan walinagari Effendi,SE, dan sekretarisnya Rajilis, terus menggenjot pembangunan infrakstruktur didaerah setempat.
Dan ini terlihat begitu banyaknya pembangunan akses-akses jalan yang baru dibuka, serta peningkatan jalan sehingga ini langsung mulai berdampak positif terhadap masyarakat setempat, yang mayoritas adalah sebagai petani.
Pada tahun 2015, Nagari Sijunjung dapat kucuran dana desa sebesar, Rp.312 913 000, dengan dana ini dapat dilaksanakan 6 paket kegiatan, dalam membangun infrastruktur.
Kemudian pada tahun 2016, sebesar Rp. 715 524 000, dengan 8 paket kegiatan.
Dan ini terus bertambah, pada tahun anggaran 2017 dana desa untuk nagari Sijunjung sebesar Rp. 902 261 000 ditambah dengan dana bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah sebesar Rp. 32 098 431, sehingga dapat melaksanakan 10 paket kegiatan, yang tersebar di masing-masing jorong.
Sekretaris Nagari Rajilis didampingi tiga orang Kaurnya, yaitu Rudi, Saldi dan Martius (Eed) kepada media cerdas.com , Selasa (21/11), mengatakan,” Dana desa ini, tidak untuk infrastruktur jalan saja kita peruntukan,” bantahnya.
“Tetapi juga untuk pembangunan MDA, dan juga Pagar serta bangunan WC PAUD yang ada di Nagari Sijunjung ini.”
Ditambahkan,” Seluruh kegiatan ini, sebelum kita mulai ada tim eksistensinya, dan ada kajiannya dari tim tersebut, layak atau tidak layaknya sebuah kegiatan itu dilakukan didaerah atau lokasi tersebut,”
“Yang jelas dari Nagari Sijunjung, seluas 5.929 Ha dan jumlah penduduknya sebanyak 10.043 jiwa ini.
Apapun yang kita lakukan pada seluruh kegiatan-kegiatan melalui dana desa tersebut betul-betul bermanfaat dan berdampak positif terhadap masyarakatnya,” harapnya. (AC)