memberitakan dengan cerdas

LPM Nagari dan Desa diberi Bintek dua hari, di Hotel Bukik Gadang, Sijunjung

7

Sijunjung,mediacerdas.com,__ Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari dan Desa sekabupaten Sijunjung, diberi Bimbingan Teknis (Bintek) selama dua hari di Hotel Bukit Gadang Muaro Sijunjung, Senen – Selasa (4-5/12).

Bintek yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) ini adalah bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta keterampilan para ketua LPM nagari, dan desa ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Yuswir Arifin.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris DPD LPM Provinsi Sumatera Barat H. Irwandi Walis. S. Sos, Ketua DPD LPM Kabupaten Sijunjung H. Junaidi, Kepala Dinas PMN Drs. Syukri, MM.

Bintek ini sangat di apresiasi oleh bupati Yuswir,” Ini merupakan langkah positif dan strategis untuk meningkatkan wawasan pengetahuan LPM nagari dan desa tersebut,” ucap bupati, dalam sambutannya.

Bupati Yuswir Arifin berharap, ”Agar LPM nagari dan desa ini bisa bersama-sama berperan aktif, bersinergi melaksanakan perencanaan dan pembangunan di nagari dan desanya masing-masing,” harapnya.

“Sebab tugas LPM tersebut adalah, sebagai sekretaris dalam tim penyusunan dokumen RPJM nagari dan desa begitu juga dalam RKP nagari dan desa, maka dengan perannya tersebut, bisa membantu dalam perencanaan pembangunan tersebut,” tegasnya.

Disisi lain, Kepala Dinas PMN Drs. Syukri, MM menyampaikan didepan bupati Yuswir Arifin bahwa dengan dilaksanakannya bimtek ini bisa juga menambah pengetahuannya dalam menyusun perencanaan nagari dan desa serta dalam menyelesaiankan dokumen perencanaan tepat waktu dan bisa juga menjawab permasalahan yang ada di nagari dan desa tersebut.

Bimtek ini diikuti oleh 61 orang ketua LPM yang berasal dari utusan nagari dan desa sekabupaten Sijunjung, diberi fasilitas antara lain yaitu , akomodasi penginapan, konsumsi selama penyelenggaraan kegiatan dan seminar KIT beserta modul materi,” ujar, Syukri. (Aciak)