memberitakan secara cerdas dan berimbang

Kesbangpol dan Linmas adakan Pelatihan Bela Negara se Kabupaten Sijunjung

24

Sijunjung, Mediacerdas.Com _ Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat, melalui Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) selenggarakan Pelatihan Bela Negara se Kabupaten Sijunjung yang dibuka di gedung UDKP Kecamatan Sijunjung Selasa (9/10/2018).

Kegiatan ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Bupati Sijunjung yang diwakili Asisiten I, Irwandi, SIP.MSi kepada perwakilan peserta. Acara ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD, Aroni Basri, pimpinan OPD, Forkopincam Sijunjung dan Undangan lainnya.

Kepala Kantor Kesbangpol Sijunjung, Drs Yunani, SE, MSi, dalam laporan menyebutkan bahwa ” tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan mendorong tumbuhnya kesadaran Bela Negara dalam rangka menjamin kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dan Memberikan pemahaman sejarah dan makna nilai-nilai perjuangan NKRI sebagai motivasi dalam meningkatkan kesadaran bela Negara,”ucap Yunani.

Peserta Pelatihan Bela Negara ini direncanakan diikuti sebanyak 240 orang dibagi dalam 4 angkatan yang terdiri dari Ormas, Mahasiswa, Perangkat Nagari dan Satuan Karya Pramuka Penegak/Pandega Kwarcab 0303 Sijunjung. Angkatan I sebanyak 60 orang orang yang yang akan dimulai pada hari ini tanggal 9 s/d 11 Oktober 2018 dengan peserta dari Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Sedangkan Angkatan II, kata Yunani diikuti sebanyak 60 orang yang akan dimulai pada tanggal 11 hingga 13 Oktober 2018 dengan peserta dari Mahasiswa, Angkatan III sebanyak 60 orang yang akan dimulai pada tanggal 16 s/d 18 Oktober 2018 dengan peserta dari Perangkat Nagari dan Angkatan IV sebanyak 60 orang yang akan dimulai pada tanggal 18 s/d 20 Oktober 2018 dengan peserta dari Satuan Karya Pramuka Penegak/Pandega Kwarcab 0303 Sijunjung.

Sementara Instruktur/ Nara Sumber terdiri dari unsur Kodim 0310/SSD, Polres Sijunjung, Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Linmas Kabupaten Sijunjung, Tambahnya.

Bupati Sijunjung diwakili Asisten 1 Setdakab Sijunjung, Irwandi, SIP, MSi, dalam amanahnya membacakan sambutan tertulis Bupati Sijunjung.

“Bela negara bukan menyangkut aspek pertahanan dan keamanan saja, tetapi bela negara dapat diwujudkan dalam bentuk kerja keras dengan tetap menjaga harkat dan martabat negara Indonesia,”ucapnya

Bela Negara adalah pola sikap dan pola prilaku yang dijiwai kecintaan kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, menghayati dan mengamalkan Pancasila serta UUD 1945, sehingga memiliki keyakinan akan hak, kewajiban serta tanggung jawab sebagai warga negara dengan tidak membedakan asal usul, yang berdasarkan suku, ras, agama, keturunan dan daerah, tetapi yang terpenting adalah pengabdian setiap warga negara sesuai dengan kemampuan dalam bidang masing-masing.

Pada saat sekarang ini, Bela Negara dapat di aplikasikan dengan memberikan pendidikan yang berkarakter melalui pemahaman nilai-nilai budi pekerti, sopan santun, saling menghargai dikalangan generasi muda serta menjaga hubungan yang baik antar sesama warga di dalam lingkungannya, berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara, mewujudkan prilaku bekerja keras, menciptakan keamanan ditingkat nasional, memberantas KKN, melawan peredaran penyalahgunaan narkoba, dan memberikan kontribusi terha-dap penegakan hukum dan HAM,”terang bupati.

“Untuk itu saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Kodim 0310/SSD, Polres Sijunjung dan semua pihak yang telah bahu membahu bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung untuk melaksanakan dan mensukseskan kegiatan ini, dan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi