memberitakan secara cerdas dan berimbang

Keluarga Punya Peran Penting dalam Pendidikan Anak

24

Sijunjung, mediacerdas.com-Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Ramler, SH.MM menyatakan bahwa keluarga mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan pendidikan anak.

Hal itu disampaikan, Ramler pada acara bimbingan teknis Pendidikan Keluarga di wisma keluarga, Rabu kemarin.

Bimtek yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjend. PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI menghadirkan fasilitator dan narasumber dari pusat dan daerah.

Ramler mengatakan perkembangan anak akan sangat dipengaruhi oleh pola pengasuhan yang diterapkan didalam lingkungan keluarga.

Berbagai tantangan dalam pendidikan anak di era globalisasi membutuhkan kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan atau lembaga pendidikan dan masyarakat. Diharapkan kemitraan ini menjadi salah satu langkah dalam mendukung perkembangan anak secara optimal.

Untuk mencapai itu semua dan sekaligus terbangun budaya prestasi peserta didik, dibutuhkan pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan membangun ekosistim Tri Pusat Pendidikan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

” Setelah kegiatan ini diharapkan peserta dapat diimplementasikan keikutsertaan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan, dan kepada penilik, pengawas hendaknya selalu memberikan pendampingan dan pengawasan terhadap satuan pendidikan dalam penyelenggaraan di tingkat sekolah, begitu pula komite sekolah sangat dibutuhkan,” katanya.

Direktur Pendidikan Keluarga diwakili Yohana Rumanda, kembali menguatkan dan memberikan penekanan akan pentingnya pelibatan orang tua dalam pendidikan anak.Soalnya, hasil belajar anak akan berjalan secara optimal melalui komunikasi yang lebih baik antara sekolah dan orang tua.Ia minta orang tua turut berpartisipasi memonitor kegiatan anak-anak mereka di sekolah tanpa sepenuhnya menyerahkan tanggung jawab ke guru.

Panitia pelaksana, Syamsul Bahri, SP.d.MM menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, 11 – 14 Juli dengan menghadirkan fasilitator dan narasumber dari pusat dan daerah.-ape

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi