memberitakan dengan cerdas

Kebakaran Lahan, Tiga Hektar Lahan Milik Warga Terbakar

0 1

Sebanyak kurang lebih Tiga hektare lahan di kawasan bukit kompe Jorong kapalo Koto Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan hangus akibat kebakaran yang terjadi di lereng bukit tersebut, Kamis (19/10) sekira pukul 18.00 wib. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran lahan tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung Hardiwan SP didampingi Kepala Jorong Kapalo Koto Imran catio mengatakan bahwa saat ini diperkirakan api telah menghanguskan sekitar tiga hektar lahan milik warga di Bukit Kompe Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan.

“ Api dengan cepat menjalar dan menyebar ke areal lainnya dikarenakan kondisi tanaman yang kering akibat cuaca panas yang sudah kurang lebih satu minggu melanda kawasan wilayah Kabupaten Sijunjung,” ujarnya kepada wartawan saat berada di lokasi kejadian.

Pihaknya juga menjelaskan, penyebab pasti kebakaran lahan saat ini belum diketahui asal muasalnya berasal darimana dan kemudian merembet ke areal lahan milik warga dikawasan tersebut dan terus meluas sehingga warga masyarakat yang melihat kebakaran tersebut langsung melaporkan kejadian itu ke BPBD Sijunjung.

“Setelah kami mendapatkan laporan dari warga, kami langsung menerjunkan personel BPBD berkoordinasi dengan Satpol-PP dan Damkar Kabupaten Sijunjung dan dibantu masyarakat sekitar untuk memadamkan api, namun kondisi medan menuju lokasi kebakaran yang terjal dan tebing yang curam membuat personel damkar dan BPBD Sijunjung belum bisa memadamkan api tersebut,” jelasnya.

Meskipun begitu, BPBD Sijunjung tetap menyiagakan anggotanya beserta dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pol-PP dan Damkar Kabupaten Sijunjung untuk mengantisipasi api bertambah besar ke areal lahan milik warga lainnya. “ Saat ini kita masih melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian, TNI, Pemerintahan Nagari dan Jorong serta masyarakat untuk memadamkan api tersebut. Sebab medan yang terjal dan tebing yang curam menjadi halangan bagi personil damkar dan BPBD Sijunjung untuk meadamkan api,” tambah Hardiwan.

Dari pantauan di lapangan, Api dengan cepat membesar, merambat dan melalap tanaman yang berada di sekitar kawasan Bukit Kompe tersebut dan hingga Kamis malam api tersebut belum bisa dipadamkan karena jalan menuju lokasi tersebut terjal dan curam.