memberitakan secara cerdas dan berimbang

Gubernur : Pemprov Sumbar Siap Bantu Percepatan Pembangunan Geopark Silokek

49

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap membantu percepatan pembangunan kawasan Silokek menjadi Geopark.
” Pemprov siap membantu pendanaan dan peralatan untuk percepatan pembangunan kawasan Silokek menjadi Geopark,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam pertemuan yang dihadiri tokoh nasional, Buya Ahmad Syafii Maarif, kementerian/lembaga di rumah dinas Bupati Sijunjung, Sabtu (21/7).

Menurut Gubernur, dukungan itu diberikan karena kawasan wisata Silokek di Kabupaten Sijunjung punya nilai sejarah.Selain memiliki nilai sejarah, Bupati Sijunjung beserta jajaran sangat aktif dan merespon cepat untuk menjadikan Silokek sebagai Geopark.

” Silokek menjadi prioritas kita karena punya nilai sejarah seperti lokomotif. Bupati dan jajaran jiuga sangat aktif, dan ini menjadi nilai tambah tersebdiri bagi Silokek,” ucapnya.

Dia mengatakan, untuk mewujudkan Geopark tersebut butuh program dan kerja sama dengan pihak terkait.Dan pihaknya, sebut Gubernur, siap bergandengan tangan bersama Pemkab Sijunjung untuk melakukan percepatan pembangunan kawasan Silokek.

Disamping program dan kerja sama, dukungan dari Kementerian terkait juga sangat perlukan.Karena itu, Irwan berharap dukungan dari tokoh nasional Buya Ahmad Syafii Maarif memfasilitasi bertemu dengan menteri terkait.
” Mohon dukungan Buya Syafii Maarif memfasilitasi kami bertemu dan menyampaikan proposal Geopark ke menteri terkait,” ujarnya dihadapan anggota DPR RI Alek Indra Lukman, mantan Wamen Pendidikan Musliar Kasim, Rektor Unand, Rektor UNP dan undangan lain.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyadari kemampuan Pemkab Sijunjung terbatas untuk mengangkat Silokek menjadi Geopark nasional dan internasional.” Kemampuan Pemkab Sijunjung sangat terbatas baik keuangan maupun SDM,” katanya.
Karena itu, dia berharap Pemprov dan Kementerian dan pihak terkait membantu pendanaan dan SDM sesuai kewenangan sehingga Silokek bisa menjadi Geopark nasional dan internasional.

“ Kami sudah menyiapkan proposal.Proposal ini segera kami sampaikan.Semoga ada peluang untuk percepatan pembangunan kawasan Silokek menjadi Geopark,” ujarnya.

Buya Syafii Maarif mendukung segala usaha yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumbar dan Pemkab Sijunjung untuk pengembangan kawasan Silokek sebagai sebuah destinasi wisata yang terintegrasi melalui Geopark.
“Semoga niat baik baik ini menjadi kenyataan, dan menjadi warisan yang dikenal sampai ke anak cucu,” ucap mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah.

Sebelumnya, tim penyusun Geopark Silokek, Febri Annas Ismael memaparkan, kawasan Silokek merupakan yang paling potensial dan unggul dari sembilan Geopark di Sumbar.Keunggulan itu ditopang beberapa faktor, diantaranya faktor geologis, adat, budaya, sejarah dan faktor agama.-ape

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi