memberitakan secara cerdas dan berimbang

DPMPTSP Sijunjung dukung Program OSS dalam pelayanan perizinan

467

Sijunjung, mediacerdas.com__Dengan diresmikannya Sistem Online Single Submission (OSS) Senen (9/7/2018) yang lalu, oleh Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution bersama dengan para menteri dan kepala lembaga terkait lainnya, di Kantor Kemenko Jakarta.

Maka sehubungan dengan hal tersebut kabupaten Sijunjung siap mensukseskan apa yang telah diresmikan oleh Menteri Kemenko tersebut.

Pasalnya yang selama ini pelayanan perizinan dilakukan di Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP), maka kedepannya bisa dilakukan dengan sistem OSS atau Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE) dan ini berlaku di semua Kementerian Lembaga, Pemerintah Daerah seluruh Indonesia.

Menurut Kepala DPMPTSP Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.SI, ” Sistem ini bertujuan untuk mempersingkat dan waktu proses perizinan. Perizinan secara online juga jalan untuk mewujudkan perizinan yang sederhana, murah, cepat dan pasti untuk investor.”

SOP yang efektif dan berlaku secara nasional serta PTSP yang online dan terintegrasi dengan instansi lainnya merupakan leading sektor yang diharapkan mampu mengawal OSS di level perizinan/rekomendasi teknis.

Dan ini berarti bukan di PTSP tidak lagi melakukan pelayanan perizinan, tetapi adalah kedepannya masyarakat luas dapat mengakses sistem OSS secara daring dimanapun dan kapanpun.

Sistem OSS dibangun dalam rangka percepatan dan peningkatan penanaman modal dan berusaha, dengan cara menerapkan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Dalam beleid terbaru mengenai OSS, yakni PP No. 24 Tahun 2018, Pemerintah mengatur antara lain tentang jenis, pemohon, dan penerbitan perizinan berusaha; pelaksanaan perizinan berusaha; reformasi perizinan berusaha per sektor, sistem OSS, lembaga OSS, pendanaan OSS; insentif atau disinsentif pelaksanaan perizinan berusaha melalui OSS; penyelesaian permasalahan dan hambatan berusaha; serta sanksi.

“OSS yang pelaksanaannya diatur dalam PP No. 24 Tahun 2018, merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian. Dengan sistem OSS, izin berusaha akan didapat oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam,” kata, Dasrial, S.Sos Kabid PTSP di Dinas PTSP Sijunjung, kepada media cerdas.com.

Ditambahkan,” Sistem OSS ini akan menjadi standar di PTSP karena dalam OSS lounge terdapat pelayanan mandiri,pelayanan berbantuan, pelayanan prioritas, konsultasi umum investasi, dan klinik berusaha, dan nanti ada satuan-satuan tugas mengawal proses perizinan berusaha yang telah dibentuk oleh provinsi dan kabupaten,” imbuhnya. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi