memberitakan secara cerdas dan berimbang

DPMN Sijunjung Gelar Bimtek Pengadaan Barang/Jasa

49

Padang, mediacerdas.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung menggelar bimbingan teknis pengadaan barang dan jasa serta pembangunan embung desa.

Bimtek yang diiikuti camat, tenaga ahli infrastruktur desa, pendamping desa teknik infrastruktur P3MD, Walinagari dan Kaur Pembangunan se Kabupaten Sijunjung dibuka secara resmi oleh Sekdakab Sijunjung, Zefnihan di Hotel Kyriad Bumi Minang Kota Padang, Senin (7/5).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Syukri diwakili, Sekretaris DPMN, Khamsiardi mengatakan, bimtek pengadaan barang dan jasa serta pembangunan embung desa bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama terhadap regulasi yang ada sehingga diharapkan tidak lagi terjadi perbedaan penafsiran.

“Bimtek ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai 7 Mei dan berakhir 9 Mei,” ujar Khamsiardi.
Selain itu, meningkatkan kemampuan dan wawasan peserta dalam proses pengadaan barang dan jasa serta pembangunan embung di nagari.

“Dengan bimtek ini diharapkan, tidak ditemukan lagi kesalahan dalam pengadaan barang dan jasa serta pembangunan embung desa,” ucapnya.

Sementara narasumber berasal dari lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP-RI), Dinas Pengembangan Sumber Daya Air Provinsi Sumbar, Konsultan Pelaksana Wilayah P3MD Sumbar, Polres Sijunjung dan Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan mengatakan, bimtek ini untuk memberikan pemahaman yang sama kepada peserta tentang tata cara pengadaan barang dan jasa.

“Kita berharap peserta setelah selesai mengikuti bimtek ini mampu melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa di nagari secara benar dan tidak melanggar aturan yang berlaku,” harapnya.

Begitu juga terkait pembangunan embung desa, menurut Sekdakab, sesuai dengan prioritas penggunaan dana desa 2018, embung desa merupakan teknologi penyedian air yang sederhana.

Keberdaaannya, selain mengatasi kekeringan, embung desa merupakan teknik konservasi, sarana budidaya perikanan air tawar.”Embung desa juga dapat dimanfaatkan sarana wisata dan olahraga,” ujarnya.-ape

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi