memberitakan secara cerdas dan berimbang

Dinkes Sijunjung Adakan Seminar Pentingnya Imunisasi Bagi BuaH Hati dan Pelaksanaan Kampanye MR

46

Sijunjung, Mediacerdas.com_Aparatur Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung adakan Seminar pentingnya Imunisasi bagi si Buah Hati dan Pelaksanaan Kampanye Campak Rubella di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Senin (30/7/2018)

Acara seminar yang diikuti oleh 120 orang peserta terdiri dari Kepala OPD, Pimpinan Puskesmas dan RSUD, Organisasi Profesi serta TP PKK Kabupaten beserta kecamatan ini di buka Bupati Sijunjung, H.Yuswir Arifin dan dihadiri oleh Ketua DPRD,Yusnidarti beserta Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung dan Ketua Pengadilan Negeri Muaro.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, drg.Ezwandra.M.Sc. selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa, Program imunisasi merupakan salah satu teknologi yang sangat efektif dalam mencegah terjadinya PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) yang secara lansung berhubungan dengan menurunkan angka kematian bayi dan balita.

Mengingat hal itu, melalui UU no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak pemerintah menegaskan bahwa setiap anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai kebutuhan fisik, mental,spritual dan sosial termasuk mendapatkan pelayanan imunisasi untuk mencegah PD3I.kata Ezwandra.

 

Cakupan Program Imunisasi dasar ((IDL) Kabupaten Sijunjung tahun 2017 masih 71,9% dan terdapat 3 kasus rubella yaitu (Kecamatan Kamang Baru, Lubuak Tarok dan Muaro Bodi Kecamatan IV Nagari), tambahnya.

Penyakit campak dan rubella adalah penyakit PD3I yang dapat dicegah dengan pemberian vaksin measles rubella (MR) melalui kampanye MR dan selanjutnya diberikan pada imunisasi rutin dan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah).

Kampanye Measles Rubella telah dilaksanakan di pulau jawa pada bulan Agustus – September 2017 dan akan dilanjutkan pada seluruh provinsi diluar pulau jawa pada tahun 2018 termasuk Kabupaten Sijunjung, agar suksesnya penyelenggaraan kampanye MR di Kabupaten Sijunjung (Edaran Bupati no 433.3/1153/P2P – Dinkes/Vi/2018) tentang pelaksanaan kampanye MR di Kabupaten Sijunjung, “maka perlu diadakan seminar pentingnya imunisasi bagi sibuah hati dan pelaksanaan kampanye campak rubella (MR) di Kabupaten Sijunjung”, ucap Ezwandra.

Diharapkan setelah selesai mengikuti seminar, “peserta dapat menyebarluaskan informasi pelaksanaan kampanye measles rubella serta setelah mengikuti pertemuan sosialisasi introduksi vaksin baru kampanye MR peserta dapat memahami tentang kebijakan program imunisasi nasional dan melaksanakan koordinasi dan kerjasama dalam mensukseskan pelaksanaan kampanye MR tingkat Kabupaten Sijunjung,” harap Ezwandra.

“Pada seminar hari ini, Narasumber adalah, Reza Isfan, M.Kes dari Subdit Imunisasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan dr.Riki Alkamdani,d.spA RSUD Sijunjung”, tambahnya

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada kesempatan itu mengharapkan kepada Kepala OPD terkait “agar dapat memberikan serta mendukung pelaksanaan Imunisasi Massal MR,sehingga penyakit campak dan Rubella bisa di Eliminasi di Indonesia dan Khususnya di Sijunjung”harap nya.

Peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementrian Agama sangat penting,Khususnya dalam menyediakan dan memvalidasi data data sasaran utama imunisasi masal, membantu membuat surat edaran dan sosialisasi agar imunisasi massal ini sukses di laksanakan di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota dan menjangkau sasaran secara optimal.

Peran Tim Penggerak PKK ditiap tingkatan, tokoh masyarakat dan alim ulama sangat diharapkan dalam penyuluhan dan penggerakan sasaran agar masyarakat luas dapat menerima informasi terkait tentang tujuan, waktu,jadwal dan dapat menggerakkan kelomlpok sasaran imunisasi massal ini agar datang sesuai waktu pelayanan.

“Kita mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan ini, dengan membawa anak anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun untuk datang ke sekolah sekolah, puskesmas, posyandu, polindes dan berbagai fasilitas yang telah ditentukan “, harap Bupati Yuswir.

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi