memberitakan dengan cerdas

Dinas Perindag Depok Belajar IKM ke Sijunjung

0 1

Sukses mengembangkan Industri Kecil Menengah (IKM), Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (Dagperinkop dan UKM) Kabupaten Sijunjung menjadi rujukan bagi Pemerintah Daerah di Indonesia.

Seperti, Kamis (18/10), Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok yang dipimpin Sekretaris Dinas, Hestyana, S.Ip, M.Si bersama Kepala Bidang dan Kepala Seksi serta beberapa orang staf, berkunjung ke Dinas Dagperinkop dan UKM Kabupaten Sijunjung.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempelajari pengembangan IKM di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih. ”Kami tertarik dengan keberhasilan yang dicapai Dinas Dagperinkop dan UKM, baik dalam pengembangan IKM maupun prestasi di bidang industri,” ucap Hestyana seperti disampaikan Kepala Bidang Perindustrian Dinas Dagperinkop dan UKM, Hendri Nurka, S.Sos via WhatsApp, Kamis (18/10).

Keberhasilan Dinas Dagperinkop dan UKM Kabupaten Sijunjung inilah yang menggugah jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok untuk belajar  ke Sijunjung.

Apalagi, Dinas Dagperinkop dan UKM Kabupaten Sijunjung sukses mengantarkan pelaku IKM Tenun Lansek Manih meraih penghargaan Upakarti yang merupakan tertinggi dari pemerintah kepada individu di bidang industri, termasuk mengantarkan Bupati dan Ketua TP PKK memperoleh penghargaan Upakarti kategori jasa kepedulian dan jasa pengabdian.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bidang Perindustrian, memaparkan pengembangan IKM dari  beberapa aspek, seperti kebijakan IKM, kerjasama dan akses pasar, sentra IKM, One Village One Product dan pemberdayaan IKM di Kabupaten Sijunjung.

Selain itu, lanjut Hendri Nurka, rombongan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok juga diajak melihat langsung dan berdiskusi dengan pelaku IKM Tenun Lansek Manih mengenai pemberdayaan masyarakat dari kerajinan tenun Unggan.-zet