Dekranasda Sijunjung dan BDI Makasar Jalin Kerja Desain Kemasan Produk

136

Untuk membantu pengusaha industri kecil menengah (IKM) dalam membuat desain kemasan hasil produksi, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sijunjung menjalin senergi dengan Balai Diklat Industri (BDI) Kota Makasar Provinsi Sulawesi Selatan.

Hal itu dilakukan agar kemasan produk pelaku IKM di Ranah Lansek Manih menarik dan diterima pasar, seperti di supermarket.

”Saat ini ada sepuluh pelaku IKM di daerah kita dilatih membuat desain kemasan produk di BDI Makasar,” kata Kepala Dinas Dagperinkop dan UKM Kabupaten Sijunjung, Em Yasri melalui Kepala Bidang Perindustrian, Hendri Nurka via WhatsApp, Selasa (14/11).

Menurutnya, pelaku IKM yang mengikuti pelatihan desain kemasan di BDI Makasar ini berasal dari berbagai bidang usaha.Selain pelaku usaha kuliner, sambung Kabid Perindustrian, mereka juga berkecimpung di usaha kerajinan tenun, sulaman, bordir dan anyaman.

Kata Hendri Nurka, desain kemasan produk menjadi salah satu nilai dari produk yang dihasilkan oleh pelaku IKM, terutama untuk bidang usaha makanan dan minuman.

“Kita berharap pelatihan yang didapat nantinya dapat membantu pelaku IKM dalam mengembangkan usaha yang dirintisnya, terutama dalam mendesain kemasan produk,” ucapnya.

Pelatihan desain kemasan yang dibuka Kepala BDI Kota Makasar, C Elisa M Katili, ini akan berlangsung selama lima hari, dimulai Selasa (14/11) hingga Sabtu (18/11).-ape