memberitakan secara cerdas dan berimbang

Bupati Sutan Riska Lepas Ribuan Bibit Ikan

22

Bupati Dharmasraya Sutan Riska mengajak rakyatnya untuk memelihara lingkungan perairan umum sungai. Caranya dengan memelihara kelestarian ikan dan membuat sungai bersih. Jika lingkungan perairan umum sungai terjaga, ikannya banyak, maka perairan umum sungai akan memberikan kemakmuran bagi perekonomian rakyat terutama di nagari nagari yang memiliki perairan umum sungai.

Ajakan Bupati Sutan Riska itu disampaikan pada acara peresmian lubuk larangan, di Sungai Batang Piruko, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Senin (11/9/18). Dihadapan Walinagari Sikabau Abdul Razak, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Welfiadril, Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Akrial serta ratusan warga Sikabau dan sekitarnya itu, Bupati termuda Indonesia, lebih jauh mengatakan, perlu adanya upaya untuk terus menjaga kelestarian sungai demi masa depan ekonomi masyarakat.

Menurut Bupati Raja Muda dari Koto Besar ini, setiap tahun Kabupaten Dharmasraya selalu menerima penghargaan SLHD atau yang populer dengan sebutan anugerah Nirwasista Tantra, sebuah supremasi dalam pengelolaan lingkungan hidup. Salah satu faktor pendukungnya adalah bagaimana mengelola lingkungan perairan umum sungai. Pengelolaan perairan umum sungai di Kabupaten Dharmasraya dilakukan dengan mengembangkan lubuk larangan di setiap sungai yang melintasi kawasan pemukiman penduduk. Melalui upaya tersebut, maka kelestarian lingkungan perairan umum sungai bisa lebih terjaga.

Pemkab Dharmasraya menurut peraih Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Jokowi ini, punya komitmen mengembangkan lubuk lubuk larangan di setiap perairan, terutama yang berada di pemukiman. Melalui Dinas Pangan dan Perikanan, telah dilahirkan puluhan lubuk larangan di Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan tersebut akan terus dilakukan agar semua sungai memberi kontribusi pada kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan.

Sementara Walinagari Sikabau Abdul Razak mengatakan, lubuk larangan di wilayahnya menjadi dambaan masyarakat. “Kami sudah lama menantikan program ini,” kata walinagari berpenampilan ramah ini. Oleh karena itu, saat Dinas Pangan dan Perikanan mengulurkan tangan membimbing pengembangan lubuk larangan, maka pihaknya langsung setuju dan bersemangat. Atas semangat yang ditunjukkan warga Nagari Sikabau, Bupati Sutan Riska berkenan membantu benih ikan asli sungai yaitu benih ikan jelawat, tawes dan baung masing masing seribu ekor. Bupati Sutan Riska juga membantu benih ikan nila sebanyak 10 ribu ekor untuk ditebar di saluran irigasi.-rilis

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi