memberitakan secara cerdas dan berimbang

Bupati Sijunjung Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Kejahatan di Kejari

46

Sijunjung,mediacerdas.com__ Kejaksaan Negeri Sijunjung, lakukan pemusnahan barang bukti kasus tindak pidana umum, berasal dari kasus mulai tahun 2016 sampai triwulan tahun 2018.

Pemusnahan barang bukti ini dilaksanakan dihalaman kantor kejaksaan negeri Sijunjung, disaksikan lengkap oleh pejabat tinggi Pemerintah kabupaten setempat, mulai dari Bupati Yuswir Arifin, Wakil Bupati Arrival Boy, Sekretaris Daerah, Zefnihan.

Tidak saja disaksikan oleh orang nomor satu di kabupaten Sijunjung ini, tetapi dalam pemusnahan ini juga ikut, Kapolres Sijunjung, AKBP. Imran Amir.SIK.MH. Dandim 0310/SSD, Letkol Inf.Irvan Yusri,S.IP. Kalapas Klas II B Muaro Sijunjung, Marten. Kasub Denpom 1/4 – 2 Sijunjung, Lettu CPM, Susilo. Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, H.A.Afiz Martias,Sag,MH,MH dan Kepala BNNK Sawahlunto, Guspriadi.

Barang bukti ini dimusnahkan dengan cara dibakar, yaitu Narkotika jenis Sabu seberat 14,43 gram dari 28 kasus. Ganja seberat 2,031,94 gram, dari 4 kasus. kemudian obat-obatan ilegal yang disita melalui BPOM sebanyak 1,265 strip + 38 botol. serta 3 pucuk senjata api rakitan. dan terakhir barang bukti kasus pelecehan seksual terhadap anak, seperti pakaian dalam dan lainnya dari 12 kasus yang ada.


Pemusnahan barang bukti ini adalah serangkaian tindakan pemusnahan yang dilakukan terhadap barang bukti yang sudah mendapat putusan hakim yang tetap (inkrah), karena barang bukti tersebut berpotensi membahayakan jiwa dan tempat penyimpanannya,” ujar, Kajari Sijunjung, Muhammad Rizal Sumadiputra,SH,MH, saat memberi sambutan sebelum acara pemusnahan barang bukti ini dilaksanakan di hamaman kejari setempat.

Dalam kesempatan ini Bupati Yuswir Arifin juga mengatakan soal kasus pelecehan seksual terhadap anak yang cukup tinggi di kabupaten Sijunjung.

Dikatakan,” Menghadapi soal kasus pelecehan seksual yang cukup tinggi didaerah kabupaten Sijunjung ini, pemerintah kabupaten Sijunjung saat ini telah mencoba untuk memberi penyuluhan dan bersosialisasi ke masyarakat paling bawah ke nagari-nagari, kemudian dalam hal ini bagaimana kita bisa menanganinya bersama-sama, agar persoalan ini bisa diminimalisir,” ucap bupati Yuswir Arifin.

Disisi lain karena wilayah hukum peradilannya kabupaten Sijunjung ini terbagi dari dua bagian yaitu, kecamatan Koto VII, Sumpur Kudus, IV Nagari dan Kupitan, masuk ke peradilan Kota Sawahlunto maka dalam pelaksanaan pemusnahan barang bukti yang digelar dihalaman kantor Kejari Sijunjung ini juga ditanda tangani surat bukti sebagai saksi pemusnahan barang bukti oleh panitera pengadilan kota Sawahlunto yaitu Efendi,SH, dan panitera pengadilan Sijunjung, Hendry Chandra,SH, serta Kasat Narkoba Polres Sijunjung, Anton K.J.S.Sos.MM. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi