memberitakan secara cerdas dan berimbang

Bukti Keseriusan dalam Pengembangan Geopark, Pemkab Sijunjung adakan FGD dengan melibatkan seluruh Stakeholder

66

Sijunjung, Mediacerdas.com_Pemerintah Kabupaten Sijunjung sangat serius untuk percepatan program pengembangan Geopark Silokek yang mengarah pada rencana program atau kegiatan yang nantinya akan di tuangkan dalam bentuk Master Plan Pengembangan Geopark Silokek.

Untuk menampung berbagai masukan mengenai Geopark Silokek ini, maka dilaksanakanlah kegiatan Sosialisasi serta Fokus Group Discussion (FGD) terkait pengembangan kawasan tersebut yang melibatkan seluruh Stakheholder atau pemangku kepentingan, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis ( 5/7/2018).

Kegiatan sosialisasi ini di buka oleh Gubernur Sumatera Barat yang di wakili oleh Kepala Balitbang, DR.Reti Wafda MTP serta dihadiri Bupati Sijunjung, diwakili Sekretaris Daerah, Zefnihan, AP.M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Yusnidarti, SH.MM, Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB)Sumbar, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar, Riau dan Jambi, Kepala OPD Kabupaten Sijunjung, Kepala Bagian di Lingkup Sekretariat Daerah, Ketua Forum Kabupaten Sehat, Camat Sijunjung dan Sumpur Kudus beserta Wali Nagari, BPN, Pokdarwis, Penggiat Seni Budaya, Wartawan dan Undangan Lainnya.

Acara Sosialisasi ini juga menghadirkan Tim Geopark Ranah Minang yang diketuai oleh Prof.Ir.Febrin Anas, MT beserta Ahli Budaya, DR.Pramono, Ahli Biologi, DR.Tesri Maideliza dari Unand serta Ahli Geologi dari Dinas ESDM Prov Sumbar, Dian Hadiya ushak.ST.MT beserta Tim Geopark lainnya.

Sekda, Zefnihan saat menyampaikan sambutan bupati mengatakan bahwa tujuan diadakannya FGD ini adalah untuk menggali informasi tentang Geosite ( Geologi, Biologi dan Budaya) serta infrastruktur pendukung di kawasan Geopark Silokek ( Kecamatan Sijunjung dan Kecamatan Sumpur Kudus).

“Untuk itu, dibutuhkan dukungan dan masukan dari semua stakeholder serta pihak yang terkait guna percepatan pengembangan Geopark Silokek ini”, ucap Sekda.

“Semua stakeholder mulai dari kelompok yang menangani wisata di Nagari-nagari, mari kita bersama berkomitmen satu tekat, satu niat dan satu langkah sehingga kebersamaan kita bisa menjadi kekuatan untuk pengembangan Geopark Silokek”, harap Sekda.

Ketua DPRD, Yusni Darti, dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan mendukung sekali untuk pengembangan Geopark Silokek ini, terutama semangat dari tim ahli serta seluruh stakheholder untuk mensukseskan geopark ini.

” Kami dari DPRD sangat mendukung adanya Geopark Silokek ini, kedepannya kami DPRD Sijunjung akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk bagai mana Geopark ini akan maju dan berkempang seperti Geopark Gunung Sewu atau bisa melebihi hendaknya”, ucap Yusnidarti.

“Kedepan kita berharap kepada tim, agar benar benar bekerja dengan sungguh – sungguh dan bisa cepat menyelesaikan segala sesuatu nya dan masyarakat bisa segera menikmanti Geopark ini”, harapnya

Ketua DPRD Yusnidarti juga berpesan kepada seluruh stakheholder yang terlibat serta kepada tim agar memberikan himbauan kepada masyarakat tentang apa itu geopark, serta mengajak masyarakat supaya bersama sama untuk mendukung program ini.

Kepala Balitbang, DR.Reti wafda yang mewakili Gubernur Sumbar menyampaikan bahwa ” semua Tim Pakar dan Tim Ahli serta seluruh Stakheholder di Provinsi siap mendukung sepenuhnya untuk kemajuan Geopark Silokek ini”, ucapnya.

” Untuk itu, diharapkan juga dukungan dari semua stakeholder yang terlibat untuk saling bekerja sama, dengan demikian, insyaallah pengembangan geopark silokek ini bisa dilaksanakan secepatnya” harap Reti.

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi