memberitakan secara cerdas dan berimbang

10 Orang Anggota DPRD Sijunjung Tidak Hadir Dalam Sidang Paripurna.

Sidang paripurna penyampaian pendapat fraksi ini sempat diskors dua kali

346

                Sijunjung,mediacerdas.com__  Sidang paripurna penyampaian pendapat fraksi terhadap  6 (enam) Ranperda di ruang rapat utama, Gedung DPRD Sijunjung, molor dan sempat diskors 2 kali, karena tidak kuorum, Kamis (20/9/2018).

 

Kemudian setelah dua kali diskors, walaupun tidak memenuhi kuorum rapat ini tetap dilanjutkan, karena sesuai dengan tata tertib DPRD.

 

Dari 30 anggota DPRD Sijunjung yang ada, 10 orang tidak hadir.

 

Dari 10 orang tersebut, 3 orang izin sakit, 1 orang izin pergi ke KPUD, 6 orang tampa keterangan, termasuk 1 orang pimpinan DPRD setempat.

 

Melihat kondisi ini, ketua DPRD Sijunjung Yusnidarti, ketika dikomfirmasi mediacerdas.com mengatakan,” Sebenarnya anggota DPRD yang tidak hadir tersebut, setelah kita telpon melalui handphone nya ada yang mengatakan izin sakit, ada juga yang izin ke KPUD, dan juga  izin karena ada keluarga meninggal dunia, tetapi ada juga yang tampa keterangan,” terangnya.

 

“Yang jelas rapat Paripurna penyampaian pendapat fraksi terhadap 6 ranperda ini, sudah ada suratnya ke masing-masing anggota dewan, dan tidak perlu ditelpon lagi seharusnya, tetapi kita selaku pimpinan DPRD tetap berusaha agar anggota ini lengkap, berupaya menelpon masing-masing yang tidak hadir tersebut,” tambah Yusnidarti.

 

Disisi lain, Bambang, salah seorang tokoh masyarakat Sijunjung, yang juga hadir melihat kondisi sidang paripurna ini kepada mediacerdas.com mengatakan,” Kita sangat sayangkan kejadian dengan tidak hadirnya beberapa anggota DPRD Sijunjung dalam sidang paripurna tersebut, sebab perilaku ini adalah mencerminkan perilaku kurang bagus yang dipertontonkan oleh wakil rakyat di depan eksekutif, seharusnya menjadi contoh yang baik, apalagi bupati selaku kepala daerah dan unsur Forkompinda lainya telah hadir waktu itu,”keluhnya.

 

“Kejadian tidak hadirnya beberapa orang anggota DPRD Sijunjung dalam sidang, memang pernah terjadi sebelumnya, tetapi yang tidak memenuhi kuorum baru kali ini,” ulas Yusnidarti lagi.

 

Salah seorang Badan Kehormatan Dewan, Aroni Basri, ketika dimintai keterangannya oleh mediacerdas.com mengatakan,” Bagi anggota dewan yang tidak hadir ini, pihak Badan Kehormatan Dewan pasti akan memanggilnya,”tegasnya.

 

“Kemudian untuk tindak lanjutnya kita akan menyurati masing-masing partainya, karena dari awal kita sudah ada pertemuan dan kesepakatan dengan masing-masing ketua partai yang anggota dewannya ada di DPRD ini, jadi tergantung dari partainya nanti, sangsi apa yang akan ia berikan oleh partainya kepada anggota dewan yang tidak hadir tampa keterangan tersebut,” ujar, Aroni Basri. (aciak)

Komentar Facebook
error: Konten Di Proteksi